Puluhan Kali Beraksi, Buronan Pencuri Motor di Binjai Tumbang Ditembak

Sudah diburu setahun lalu

Binjai, IDN Times - Pelarian MR alias Riki (31), yang sudah setahun lalu menjadi buronan Polres Binjai, Sumatra Utara, dalam kasus dugaan pencurian kendaraan bermotor (curanmor), kini berakhir.

Warga Dusun V, Desa Asam, Mencirim Pondok, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang itu terpaksa merasakan dinginnya ruang tahanan, usai diringkus polisi dari rumahnya pada Rabu (22/7/2020).

1. Coba melawan dan melarikan diri, petugas hadiahi timah panas

Puluhan Kali Beraksi, Buronan Pencuri Motor di Binjai Tumbang DitembakIDN Times / Hilmansyah

Dalam operasi penangkapan itu, pria pengangguran tersebut bahkan harus merelakan kaki kanannya ditembus timah panas polisi, karena berupaya melawan dan coba melarikan diri saat hendak diamankan.

Kasubbag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting, Kamis (23/7/2020) mengatakan, operasi penangkapan terhadap tersangka MR merupakan tindaklanjut kasus pencurian sepeda motor Honda Vario yanh terjadi di Jalan Satria, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, pada 24 Mei 2019 silam.

Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Lapas Binjai Siapkan Kamar Karantina Tahanan 

2. Dalam hitungan menit, pelaku berhasil bawa kabur sepeda motor

Puluhan Kali Beraksi, Buronan Pencuri Motor di Binjai Tumbang DitembakMotor hasil curian gembong curanmor antar daerah diungkap Polres Kutim (Dok. Subbag Humas Polres Kutim/Istimewa)

Dalam peristiwa itu, Desmirat Lubis (35), selaku korban, mengaku kehilangan sepeda motornya sesaat setelah diparkirkan di teras depan rumah. Atas kejadian tersebut, korban kemudian membuat laporan ke petugas Unit SPKT Polres Binjai, pada 27 Mei 2020.

Beruntung setelah lebih dari satu tahun ditetapkan DPO, keberadaaan tersangka MR berhasil teridentifikasi polisi. Pada akhirnya MR dapat diamankan polisi, setelah diringkus dari rumahnya, pada Rabu (22/7/2020) siang.

"Saat diinterogasi, tersangka MR mengaku sudah lebih dari 20 kali beraksi di Kota Binjai. Ini jelas mengindikasikan jika MR adalah pelaku spesialis curanmor," terang Siswanto.

3. Dalami keterlibatan pelaku lain dalam kasus ranmor

Puluhan Kali Beraksi, Buronan Pencuri Motor di Binjai Tumbang DitembakIlustrasi curanmor (idn media)

Guna melakukan pengembangan lebih lanjut, hingga kini petugas masih terus memeriksa tersangka, setelah sebelumnya petugas membawa pelaku untuk berobat ke rumah sakit dr Djoelham Binjai.

"Hanya saja kita masih akan telusuri lagi kasus-kasus yang lain," terangnya, yang mengakui menjerat MR dengan Pasal 363 KUHPidana, tentang pencurian dengan pemberatan.

"Kita juga tengah memintai keterangan tersangka lebih lanjut. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada keterlibatan pelaku lain dalam setiap aksi yang dilakoni tersangka," tegas Siswanto di ujung selularnya.

Baca Juga: Monitoring Petugas PPDP, KPU Binjai Luncurkan Aplikasi e-Coklit

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya