Penggunaan Dana Desa untuk Corona, Kapolres Langkat Warning Kades

Harus tepat sasaran dan tidak manfaatkan celah

Langkat, IDN Times - Kapolres AKBP Edi Surianta, mengingatkan para Kepala Desa (Kades), agar berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang digunakan dalam penanganan wabah Virus Corona (COVID-19).

"Senantiasa jujur, mengikuti aturan, tepat sasaran agar tidak terkena dosa berlapis, yakni hukum pidana dan agama. Jangan memanfaatkan kondisi ini sebagai celah untuk meraup keuntungan pribadi," kata Edi Surianta, yang juga menjabat sebagai wakil ketua II Satgas COVID-19.

1. Jalin koordinasi secara berjenjang tangani COVID-19

Penggunaan Dana Desa untuk Corona, Kapolres Langkat Warning KadesSosialisasi penanganan COVID 19 kepada seluruh Kades, Lurah, Camat se Kabupaten Langkat (IDN Times/ istimewa)

Pada kesempatan sosialiasi protokol kesehatan serta pendataan warga penerima bantuan dampak virus corona. Kepada Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Pangkalan Susu dan Pematang Jaya, Selasa (14/).

Kapolres juga menghimbau, agar pemerintah desa dan jajaran melakukan pengawasan dan pendataan terhadap Orang Tanpa Gangguan (OTG), Orang Dalam Pantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pantauan (PDP), yang ada di masing-masing desa.

Kades juga diminta untuk berkoordinasi secara berjenjang serta menguatkan koordinasi ke puskemas setempat. "Lakukanlah penanganan dengan bersinergi sesuai protokoler kesehatan," jelas dia.

Baca Juga: Belum Ada Positif Corona di Langkat, Angka ODP dan PDP Terus Menurun

2. Jalin koordinasi dengan seluruh lapisan atasi COVID-19

Penggunaan Dana Desa untuk Corona, Kapolres Langkat Warning KadesSosialisasi penanganan COVID-19 yang dilakukan Satgas (IDN Times/ istimewa)

Senada dengan Kapolres, Kadis Sosial Hj.Rina Wahyuni Marpaung, juga mengimbau kepada Kades dan Lurah, agar mendata dengan benar warga penerima bantuan dampak virus corona. Karena pihak Kabupaten, akan memberikan perpanjangan waktu untuk perbaikan data.

Sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran sesuai intruksi dari Presiden melalui Mensos RI. "Jangan ada yang salah sasaran dan data tumpang tindih, kita akan memberikan waktu agar data tidak tumpang tindih," kata Rina.

3. Bantu sosialisasikan dan pengajaran upaya pencegahan COVID-19

Penggunaan Dana Desa untuk Corona, Kapolres Langkat Warning KadesKadia Kominfo H Syahmadi, saat memberikan arahan kepada para kades, lurah dan camat terkait penanganan COVID-19 (IDN Times/ istimewa)

Sementara, Kadis Kominfo H.Syahmadi meminta, agar Kades dan Lurah serta jajaran Kadus dan Kepling, untuk bisa membantu menyampaikan imbauan serta pengajaran kepada masyarakat tentang upaya pencegahan, sesuai protokoler kesehatan.

"Diharapkan dengan arahan yang diberikan, membuat masyarakat lebih paham bagaimana menghadapi musibah ini," kata dia.

Diketahui, Satgas Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Langkat, memberikan sosialiasi protokol kesehatan serta pendataan warga penerima bantuan dampak virus corona, kepada Kades dan Lurah di Gedung Petrolia Bukit Kunci, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Sosialiasi ini dipimpin oleh Wakil Ketua II Satgas COVID-19 Langkat AKBP Edi Surianta SIK selaku Kapolres Langkat didampingi ketua Bid Humas Satgas COVID-19, H.Syahmadi selaku Kadis Kominfo Langkat, Kadis Sosial Hj.Rina Wahyuni Marpaung, ketua MUI Buya Mahfudz beserta para anggota Satgas lainnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan road show Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 di Kabupaten, yang akan di laksanakan di seluruh wilayah hukum Polres Langkat

Baca Juga: Relawan COVID-19 di Langkat Gotong Royong Bikin Wastafel Portable

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya