Comscore Tracker

Belum Ada Positif Corona di Langkat, Angka ODP dan PDP Terus Menurun

11 TKI yang baru tiba jalani karantina

Langkat, IDN Times - Sejauh ini penanganan Virus Corona (COVID-19), di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), terus mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Jubir Satgas COVID-19 Langkat, Dr.M.Arifin Sinaga memaparkan, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) yang sebelumnya mencapai 39 orang, kini tinggal 12 orang. Sebanyak 27 orang telah selesai menjalani isolasi. 

"Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 4 orang, setelah menjalani perawatan kini tinggal 2 orang dan sudah sembuh 2 orang. Alhamdulillah, untuk pasien positif sejauh ini tidak ada," kata Dr M Arifin Sinaga, Senin (13/4).

1. Penanganan COVID-19 alami penurunan signifikan

Belum Ada Positif Corona di Langkat, Angka ODP dan PDP Terus MenurunTim satgas saat menggelar konfrensi pers (IDN Times/ istimewa)

Untuk orang yang masuk dalam Orang Tanpa Gangguan (OTG) sebelumnya mencapai 3.205 orang, selesai 2.086 orang dan masih menjalani karantina mandiri 1.119 orang.

"Untuk karantina di gedung PKK kini jumlahnya tinggal 24 orang, selebihnya di karantina secara mandiri," ungkap Bambang saat  penyerahan surat keterangan sehat, di Aula Posko Covid-19 Dinkes Langkat.

Dengan kata lain, jumlah yang sudah dibolehkan pulang dari PKK totalnya ada 86 orang. Selain sudah menjalani 14 hari karantina, juga dibolehkan pulang berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test negatif COVID-19 dan dalam keadaan sehat. Saat ini, jumlah 24 orang di gedung PKK, sudah termasuk 11 orang warga Langkat, yang baru pulang dari Malaysia. 

Baca Juga: Meninggal Karena TB Paru, Warga Langkat Sempat Dikira Korban Corona

2. Sebanyak 11 TKI jalani karantina di gedung PKK

Belum Ada Positif Corona di Langkat, Angka ODP dan PDP Terus MenurunKonfrensi pers yang dilakukan tim satgas (IDN Times/ istimewa)

Dikatakan dia, mereka datang bersama Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), dijemput dari gedung Candika Lubuk Pakam dan Lanud Soewondo Medan, sampai di Langkat pada Jumat tanggal 10 April 2020 kemarin. "Mereka, 11 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru tiba di Kabupaten Langkat, akan menjalani karantina di PKK selama 14 hari kedepan," sebut Jubir.

Terpisah, Suryo (60) salah satu warga usai jalani karantina, mengucapkan terimakasih kepada Bupati Langkat dan petugas Satgas COVID-19, atas pelayanan baik yang diterimanya bersama yang lain. 

"Baik pelayanan kesehatan dan lainnya, hingga kami terlepas dari kasus infeksi virus corona. Bisa pulang kerumah dalam keadaan sehat dan tanpa kekhawatiran apapun," sebut warga kecamatan Wampu itu.

3. Bupati ucapkan terimakasih kepada semua kalangan masyarakat

Belum Ada Positif Corona di Langkat, Angka ODP dan PDP Terus MenurunWarga yang telah selesai menjalani proses karantina (IDN Times/ istimewa)

Dengan pencapaian yang cukup baik pekan ini, Bupati Langkat Terbit Rencana PA, mengucapkan puji syukur dan mengharap kerjasama yang baik dari berbagai pihak dalam penanganan COVID-19.

"Allhamdulilah, ini semua berkat doa dan dukungan masyarakat Langkat dan kerja keras tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan COVID-19 Langkat. Terimakasih untuk semua personil yang terlibat di garda terdepan," kata Bupati Langkat.

Selaku Ketua Satgas Covid-19 Langkat, Bupati terus mengupayakan kasus corona tuntas hingga tidak ada lagi warga yang ODP, PDP apalagi positif vorona. Sebab itu, pihaknya meminta masyarakat terus mengikuti himbauan pemerintah dan membiasakan diri berperilaku hidup sehat, dimana pun berada. 

"Mari sama-sama kita bahu membahu menangani COVID-19. Untuk masyarakat terus patuhi segala himbauan dari pemerintah pusat maupun daerah. Jaga kebersihan kita dan lingkungan sekitar kita. Bersama kita pasti bisa melawan COVID-19," tegasnya.

Baca Juga: Relawan COVID-19 di Langkat Gotong Royong Bikin Wastafel Portable

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya