Pasar Tavip Binjai Dilalap Api, 3 Ruko Pedagang Ludes Terbakar

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini

Binjai, IDN Times - Kobaran api, disertai asap tebal membumbung tinggi ke langit. Jeritan warga minta tolong memecah keheningan malam di Jalan Zainal Zakse, Kelurahan Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara, Jumat (17/4) dini hari.

Disertai kepanikan, masyarakat terus memadati Pasar Tavip guna membantu memadamkan api sembari menunggu petugas pemadam kebakaran. Dalam kejadian itu, tiga rumah toko (Ruko) dilaporkan hangus terbakar. Meski tidak ada korban jiwa maupun luka dalam persitiwa tersebut. Namun, nilai kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

1. Hanya dijadikan tempat penyimpanan, ruko tidak dihuni oleh pemilik

Pasar Tavip Binjai Dilalap Api, 3 Ruko Pedagang Ludes TerbakarKonaran api yang melalap ruko dipasar tavip (IDN Times/ istimewa)

Menurut keterangan beberapa warga disana, kebakaran yang terjadi di pasar tradisional itu terjadi sekitar pukul 23.30 WIB. Ketiga objek yang terbakar itu antara lain kios barang pecah belah milik Robert (42), warga Kelurahan Setia, kios barang pecah belah dan grosir kopi milik Aan Sidikalang (65), warga Kelurahan Bandarsenembah, serta toko sandal dan sepatu milik Berlin Sijabat (30), warga Kelurahan Pahlawan.

"Setahu kami, tidak ada informasi tentang adanya korban. Sebab ketiga ruko dalam kondisi tak berpenghuni. Hanya barang-barang saja yang ada didalam toko. Pemilik tidak tinggal di toko itu," ungkap Narwan (28), salah satu petugas jaga malam Pasar Tavip.

Baca Juga: Bersihkan Pasar Tavip, Pemko Binjai Cek-cok dengan Pedagang Ikan

2. Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik

Pasar Tavip Binjai Dilalap Api, 3 Ruko Pedagang Ludes TerbakarApi yang menghanguskan ruko di Pasar Tavip (IDN Times/ istimewa)

Kasubbag Humas Polres Binjai, AKP Siswanto Ginting, Sabtu (17/4) pagi, membenarkan peristiwa itu. Menurutnya, kebakaran diduga dipicu percikan api akibat hubungan arus pendek listrik.

Namun karena ruko tersebut dalam kondisi terkunci, ditambah lagi banyak perkakas mudah terbakar di dalamnya, membuat kobaran api semakin membesar dan merambat ke dua bangunan ruko di sebelahnya.

"Dugaan sementara akibat arus pendek listrik, karena sebelum api membesar, salah satu petugas jaga malam tanpa sengaja melihat ada percikan api dari atas ruko penjual kopi," kata Siswanto.

3. Warga panik dan cemaskan api merambat ke toko lain

Pasar Tavip Binjai Dilalap Api, 3 Ruko Pedagang Ludes TerbakarPolisi memasang polis line dilokasi kebakaran pasar Tavip (IDN Times/ istimewa)

Situasi itu sempat memicu kepanikan warga. Sebab mereka khawatir kobaran api akan merambat dan membakar ruko lainnya. Beruntung delapan armada pemadam api segera tiba untuk melakukan proses pendinginan.

"Korban api pada akhirnya dapat dipadamkan dua jam setelah peristiwa tersebut dilaporkan," jelas Siswanto.

Pasca kejadian itu, personel gabungan dari Polsek Binjai Kota dan Satreskrim Polres Binjai segera melakukan olah tempat kejadian perkara, termasuk mengumpulkan keterangan dua petugas jaga malam Pasar Tavip.

"Terkait taksiran nilai kerugian material, saat ini belum dapat kita kalkulasikan, Sebab para korban belum dapat dimintai keterangannya karena mereka masih shock," tegas Siswanto.

Baca Juga: Bangun Dapur Umum, Polres Binjai Bagi-bagi Nasi Bungkus pada Warga

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya