Diduga Pungli Pelajar, Kepala Sekolah SMAN 1 Binjai Diperiksa Polisi

Kepsek bantah pungli dan siap buktikan

Binjai, IDN Times - Mencuatnya kasus dugaan pungutan liar (Pungli), terhadap para pelajar di Sekolah Menengan Atas (SMA) Negeri I Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara langsung ditindaklanjuti pihak kepolisian. Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Binjai, melakukan pemeriksaan kepada Kepala Sekolah (Kasek) SU.

Saat dihubungi IDN Times, melalui telepon selularnya. SU membenarkan kalau dirinya sudah menghadiri panggilan polisi. "Ya benar, saya sudah datang ke Polres Binjai memenuhi panggilan dan sudah dibuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP)," kata Kepala SMA Negeri 1 SU.

1. Kasek bantah adanya dugaan pungli yang dilakukan pihak sekolah

Diduga Pungli Pelajar, Kepala Sekolah SMAN 1 Binjai Diperiksa PolisiSMA Negeri I Binjai (IDN Times/ dokumen)

SU menambahkan, terkait lanjutan pemeriksaan dan hasilnya dia tidak mengetahui secara pasti. Dirinya menyarankan agar lengsung mempertanyakan permasalahn tersebut kepada aparat kepolisian. "Hasilnya silakan tanya di Polres Binjai," terang dia.

Disinggung terkait dugaan pungutan yang dituduhkan kepadanya, SU langsung membantah hal tersebut. Bahkan, dia bersedia membuktikan dengan cara memintai keterangan dari guru dan rekan-rekan sesama guru. "Itu tidak benar dan dapat kita buktikan, tidak ada pungli. Saya kawan dekat pak Azman, guru SMA N 1 Wampu, dia tahu betul siapa saya," terangnya.

Baca Juga: Hasil Rapid Test, Pimpinan Leasing di Binjai Positif Tertular Corona

2. Kanit Tipikor Polres Binjai: Soal ini sudah kita APIP-kan

Diduga Pungli Pelajar, Kepala Sekolah SMAN 1 Binjai Diperiksa PolisiIlustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

SU menambahkan, untuk menjalani persoalan ini, dirinya menyiapkan pengacara. "Kuasa hukum saya Togar Lubis. Kalau saya sudah sehat, kita bisa temui dia (pengacara)," ungkapnya.

Terpisah, Kanit Tipikor Polres Binjai Iptu Irvan Pane, mengaku sudah menyerahkan perkara ini ke Aparat Pengawasan Intern Pemerintahan (APIP). "Soal ini sudah kita APIP-kan katanya singkat," beber Irvan Pane, saat ditanya perkembangan kasus ini.

3. Polisi lakukan investigasi dan tunggu hasil audit inspektorat provinsi

Diduga Pungli Pelajar, Kepala Sekolah SMAN 1 Binjai Diperiksa PolisiIlustrasi polisi. Dok. IDN Times

Terpisah Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacapdis) Stabat-Binjai, Ichsanul Arifin Siregar, sudah mengetahui hal tersebut. Pihaknya juga sudah melakukan investigasi dan memang ada dugaan kesalahan dalam melakukan aturan. Namun dirinya mengakui masih menunggu hasil audit inspektorat provinsi.

"Kami sudah menindaklanjuti laporan dan memintai keterangan dari pelajar maupun tenaga pengajar dan wali murid. Hasilnya kita tunggu saja setelah keluar hasil audit dari provinsi ya," pinta dia.

Untuk diketahui, dugaan pungutan ini sudah dilaporkan Lembaga Pemantau Pembangunan dan Aset RI (LAPPAS-RI) Kota Binjai ke Tipikor Polres Binjai dengan nomor surat 35/SLP/BJ/03/2020.

Dalam laporan, dungutan di SMAN 1 Binjai berlangsung sejak tahun 2017-2019. Dari data yang berhasil dihimpun, terdapat sejumlah pungutan terhadap siswa/ siswi disana. Antara lain, pungutan untuk membuat sanggar wifi sebesar Rp200 ribu per siswa, serta pembelian alat komputer dan kontruksi taman masing-masing Rp150 ribu per siswa.

Baca Juga: Viral Video Lakukan Pungli, Seorang Polisi di Medan Kena Skors

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya