Calon Jemaah Haji Binjai Dibekali Pecal dan Gula Merah

Jemaah haji termuda berusia 32 tahun

Binjai, IDN Times - Sebanyak 125 calon jemaah haji asal Kota Binjai dan keluarga, menghadiri pelepasan keberangkatan yang berlangsung di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatra Utara, Sabtu (11/6/2022).

Keberangkatan Calon Jemaah menuju asrama haji Medan dilepas langsung oleh Wali Kota Binjai Amir Hamzah, disaksikan ratusan masyarakat dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat.

1. Wali Kota Binjai membekali jemaah haji pecal dan gula merah

Calon Jemaah Haji Binjai Dibekali Pecal dan Gula MerahWalikota Binjai yang melepas jemaah haji asal Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wali Kota Binjai Amir Hamzah berharap agar para jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci pergi dengan selamat serta kembali juga dengan selamat dan membawa predikat haji mabrur. Disebutkan, Pemko Binjai ada sedikit memberikan bantuan berupa obat-obatan, sejumlah dana, hingga membekali mereka (calon jemaah) dengan pecal dan gula merah.

"Ada sedikit bantuan dana sebesar Rp90 juta untuk biaya transport bagi para jemaah jika nantinya hendak berkunjung ke beberapa tempat di Kota Madinah jika dibolehkan Pemerintah Arab Saudi. Selain itu kita bekali mereka dengan pecal dan gula merah. Pecal bisa dimakan jika lapar di perjalanan, kan tinggal ditambah air. Kalau gula merah untuk menambah stamina selama menjalankan Ibadah Suci," kata Amir.

"Sudah 2 tahun jemaah tidak berangkat haji, keberangkatan kali ini semoga bisa melepas kerinduan mereka," tambah dia.

Baca Juga: Diduga Cabuli Gadis 16 Tahun, Pria Beristri di Tapteng Dipolisikan

2. Jemaah Haji Binjai terbanyak dari Kecamatan Binjai Utara

Calon Jemaah Haji Binjai Dibekali Pecal dan Gula MerahWalikota Binjai yang melepas jemaah haji asal Kota Binjai (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Camat Binjai Utara Angga Hilman, mengatakan, ada sebanyak 58 orang calon jemaah haji dari kecamatan yang dipimpinnya berangkat pada tahun ini.

Data yang diperoleh, untuk Kecamatan Binjai Timur 16 orang, Binjai Selatan 10 orang, Binjai Barat 15 orang dan Binjai Kota 26 orang. Terdiri dari laki-laki sebanyak 46 dan perempuan 79.

3. Jemaah termuda 32 tahun dan tertua 64 tahun

Calon Jemaah Haji Binjai Dibekali Pecal dan Gula MerahIlustrasi calon jemaah haji usia diatas 65 tahun.(ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dari 125 calon jamaah yang diberangkatkan, jemaah laki-laki termuda berusia 32 tahun atas nama Febriansyah Riza Torong. Sedangkan jemaah termuda wanita Septiana Riyanti (37).

Sementara usia jemaah tertua yakni 64 tahun, hal ini lantaran Pemerintah Arab Saudi membatasi usia jemaah wajib di bawah 65 tahun.

Dijadwalkan, jemaah Kota Binjai yang berada di kloter 2 akan bergabung bersama jemaah dari Labuhan Batu Selatan 120 orang, Serdang Bedagai 74 orang, Tebing Tinggi 57 orang dan Kabupaten Karo 10 orang.

Mereka akan diterbangkan dari Bandara Kualanamu, Minggu 12 Juni malam menuju Bandara Amir Muhamaad Bin Abdul Aziz di Madinah.

Baca Juga: 391 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Berangkat Hari Ini

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya