391 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Berangkat Hari Ini

2 orang jemaah dari Tapteng batal berangkat

Medan, IDN Times- Sebanyak 391 jemaah calon haji (Calhaj) kelompok terbang (Kloter) pertama akan berangkat hari ini, Sabtu (11/6/2022) ke Arab Saudi. Sebelumnya mereka tiba di Embarkasi Haji Medan pada Jumat (10/6/2022) sore.

Kepala kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Utara, Amri Siregar, menyebutkan, mereka yang berangkat berasal Kabupaten Tapanuli Tengah, Madina dan Kota Medan. Semula, total jemaah calon haji yang berangkat 393 orang. 

1. Pada kloter pertama, ada dua orang yang gagal berangkat haji

391 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Berangkat Hari IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Amri menyebutkan, jemaah calon haji asal Tapanuli Tengah berjumlah 46 orang. Kota Medan berjumlah 79 orang, sementara dari Madina berjumlah 260 orang.

"Kloter pertama ada dua orang yang gagal berangkat haji. Dua orang tersebut berasal dari calon jemaah asal Kabupaten Tapanuli Tengah. Dua jemaah ini satu di antara gagal berangkat disebabkan meninggal dunia. Mereka sepasang suami istri sehingga sang istri meminta mengundurkan jadwal berangkat," ucapnya. 

Baca Juga: Calon Haji asal Tapteng Meninggal, Istri Putuskan Tak Ikut Berangkat

2. Sebelum masuk asrama, jemaah calon haji kloter pertama melakukan pengecekan kesehatan

391 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Berangkat Hari IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Dr H Syaiful Mujab menyambut kedatangan para jemaah calon haji kloter pertama tersebut yang tiba di Embarkasi Haji Medan, Jumat (10/6/22) sore.

Ia bahkan melakukan pengecekan pada jemaah calon haji kloter pertama di gedung Jabal Nur Asrama Haji Medan. Para jemaah calon haji melakukan pengecekan kesehatan sebelum masuk asrama. 

Dalam sambutannya, ia menyebutkan sejak diterbangkan dari Indonesia untuk kloter pertama pada 4 Juni 2022 lalu, hingga saat ini pelaksanaanya terus berjalan bahkan tercatat sudah sekitar 5.000 jemaah asal Indonesia yang sudah sampai di Arab Saudi.

“Alhamdulillah hari ini saya menyaksikan untuk kedatangan kloter pertama di Embarkasi Haji Medan. Bahkan tadi saya menyaksikan dari ketadangan jemaah hingga pengecekan kesehatan lalu diberikan gelang atau identitas, besok akan diberikan paspor dan lainnya. Saya kira semua embarkasi memiliki prosedur operasi standar yang sama,” ujarnya. 

3. Jemaah calon haji diimbau untuk bekerja sama dengan baik pada petugas regu

391 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Medan Berangkat Hari IniIDN Times/Masdalena Napitupulu

Syaiful mengingatkan kepada para calon jemaah haji kloter pertama untuk bersyukur karena telah terpilihnya dalam menjalankan rukun Islam kelima ini. Ia juga mengimbau agar jemaah untuk bekerja sama dengan baik pada petugas regu dan lainnya.

“Ayo sama-sama perbaiki niat. Karena niat haji menyempurnakan ibadah. Karena melakukan ibadah ini adalah niatnya sama seperti ibadah sholat, puasa dan zakat. Maka niatkan karena Allah yang menggerakkan semua ini,” ucapnya.

Baca Juga: Edy: 3.802 Calon Jemaah Haji Asal Sumut Sehat dan Penuhi Syarat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya