Belanja Pakai Uang Palsu di Langkat, Pelaku Diamuk Warga

Seorang pelaku lain berhasil kabur

Langkat, IDN Times - Video berdurasi 2 menit 45 detik beredar luas di media sosial (medsos). Seorang pria yang diketahui berinisial HS, menggunakan uang palsu untuk berbelanja di salah satu kedai Kelurahan Kwala Begumit, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Rabu (13/7/2022).

Tak ayal, pria yang juga mengaku tinggal di Desa Telaga, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, sempat dihakimi warga. Beruntung, petugas kepolisian turun guna mengamankan pelaku. "Sudah kita tangkap dan masih dalam pengembangan ini," kata Kanit Reskrim Polsek Binjai Ipda Syahruddin.

1. Polisi amankan 7 lembar uang 100 ribu dari pelaku

Belanja Pakai Uang Palsu di Langkat, Pelaku Diamuk Wargailustrasi memberi dan menerima uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Dari pengakui pelaku yang diamankan pihak kepolisian, jelas dia, pelaku beraksi tidak seorang diri. Namun dirinya mendatangi lokasi dengan salah seorang temannya dengan mengendarai sepeda motor. Beruntung, rekannya dapat kabur sementara HS berhasil diamankan oleh warga yang curiga dengan uang pecahan 100 ribu yang dibelanjakan.

"Makanya ini kita masih kejar pelaku lainnya. Dari pelaku, kita amankan uang pecahan Rp100 ribu sebanyak 7 lembar. Nanti kita kabari jika ada perkembangan ya," tegas dia.

Baca Juga: 33 Orang Ditangkap saat Eksekusi D'Caldera Coffee di Medan

2. Pelaku sempat ingin kabur dan berhasil diamankan warga

Belanja Pakai Uang Palsu di Langkat, Pelaku Diamuk WargaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut keterangan beberapa warga di sana, awalnya pelaku membelanjakan rokok di salah satu warung milik warga. Ketika uang dipegang, pemilik curiga dengan kondisi uang yang tidak seperti biasa. "Uangnya licin gitu, gak ada kesat-kesatnya," jelas Dian, salah satu warga.

Kecurigaan ini membuat pelaku panik dan sempat hendak melarikan diri. Namun pemilik warung berteriak minta tolong, sehingga mengundang perhatian warga sekitar. "Kami kejar dan dapat. Sementara kawannya kabur naik motor," ungkap dia.

3. Polisi bawa pelaku dan melakukan pengembangan kasus

Belanja Pakai Uang Palsu di Langkat, Pelaku Diamuk WargaIlustrasi uang (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Tersulut emosi, warga pun sempat berulang kali menghakimi HS. Padahal di lokasi, sudah ada polisi yang menangkap pelaku. "Ini dia pelaku yang belanja menggunakan uang palsu," kata seorang wanita.

Bahkan, beberapa warga yang berada di lokasi, sempat ingin memasukkan HS ke dalam goni. "Udah ayok kita gonikan aja," timpal warga lainnya.

Namun emosi warga dapat diredam petugas. Kini pelaku sudah diamankan dan polisi masih melakukan pengembangan. Warga akhirnya membubarkan diri setelah pelaku dibawa petugas kepolisian.

Baca Juga: 3 Jemaah Haji asal Sumut Meninggal, Dimakamkan di Makkah

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya