Bajing Loncat di Jalinsum Medan-Aceh yang Viral di Medsos Diciduk

Seorang pelaku tengah diburu

Langkat, IDN Times - Polisi menciduk satu dari dua orang pelaku bajing lompat yang beraksi di Jalan Lintas Sumatra Utara (Jalinsum) tepatnya di Jalan Tanjung Pura, Desa Securai Utara, Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat.

Aksi dua pelaku ini sempat viral di Media Sosial pada Sabtu tanggal 29 Juli 2023. Pelaku yang berhasil diamankan berinisial BMT (23) warga Lingkungan I Tegal Rejo, Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. 

"Satu orang pelaku berhasil kita amankan dan satu lagi masih dalam daftar pencarian orang (DPO)," kata Kasi Humas Polres Langkat, AKP S Yudianto, Senin (31/7/2023).

1. Korban mengetahui aksi bajing lompat dari pengendara lain

Bajing Loncat di Jalinsum Medan-Aceh yang Viral di Medsos DicidukPelaku bajing lompat yang diamankan polisi (IDN Times/ istimewa)

 

Diakui dia, korban bernama Tarkelin Sitepu. Saat kejadian, dia membawa barang dagangan berupa telur puyuh dengan mobil pick up dari Tandem Hilir. Ketika melintas dilokasi, dirinya diberitahu oleh pengendara sepeda motor yang tidak dikenal.

Pengendara itu mengatakan, bahwa barang bawaanya telah diambil oleh dua orang pelaku (bajing lompat) yang mengendarai sepeda motor. Menyadari hal itu, korban lantas memberhentikan kendaraan dan melakukan pemeriksaan.

"Ketika dilihat, ternyata benar jika terpal penutup telah dikoyak. Ketika korban memeriksa secara seksama, barang dagang berupa telur puyuh sebanyak 20 rak, berisi 2000 butir telur puyuh telah hilang," jelas dia.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Sumur Bor, Lurah di Langkat Ditahan Penyidik Kejari

2. Sempat mencoba kabur, pelaku berhasil diringkus polisi di pinggir jalinsum

Bajing Loncat di Jalinsum Medan-Aceh yang Viral di Medsos DicidukIlustrasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Korban lantas melaporkan peristiwa aksi bajing loncat yang dialaminya ke Polsek Pangkalan Brandan. Dirinya juga mengaku telah mengalami kerugian mencapai Rp700 ribu. Berdasarkan laporan ini dan hasil rekaman video yang sempat viral di medsos.

Polisi melakukan penyelidikan dan mencari tahu keberadaan pelaku. Hingga akhirnya polisi mendapat kabar dari warga tentang keberadaan pelaku yang identitasnya sudah diketahui.

"Kanit Reskrim Polsek Pangkalan Brandan dan personel, mengetahui keberadaan pelaku dan langsung melakukan penyergapan. Tepat berada di Jalan Medan-Aceh, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, pelaku berhasil diamankan meski awalnya mencoba kabur dari sergapan," terang Yudianto.

3. Polisi buru satu pelaku lagi yang identitasnya sudah dikantongi

Bajing Loncat di Jalinsum Medan-Aceh yang Viral di Medsos DicidukIlustrasi Napi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti sepeda motor yang dibawa untuk melakukan aksi. Selain itu, terpal yang dirusak oleh pelaku juga diamankan sebagai barang bukti. "Beberapa barang bukti kita amankan dari pelaku BMT," terang S Yudianto.

Ditegaskan dia, dari hasil intrograsi yang dilakukan petugas kepolisian. BMT berperan sebagai pengendara, sementara rekannya yang masih kita buru berperan sebagai eksekutor (penjarah barang dari kendaraan).

"Untuk pelaku  lain yang identitasnya sudah kita kantongi masih diburu. Tersangka yang kita amankan tengah menjalani proses lebih lanjut," timpal Yudianto.

Baca Juga: Sindikat Pencuri Bermodus Aplikasi Kencan Sejenis di Medan Diringkus

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya