Sebanyak 79 Ribu Pedagang Pasar di Medan Sudah Gunakan QRIS BRI

Ini kelebihan fitur QR Pedagang pada aplikasi mobile banking

Medan, IDN Times - Pedagang pasar di Kota Medan sudah semakin melek teknologi. Terbukti saat ini sudah semakin banyak pedagang di Kota Medan yang menggunakan alat pembayaran nontunai untuk bertransaksi dengan pembeli.

Regional CEO BRI Kota Medan, Budhi Novianto menjelaskan saat ini BRI telah memiliki berbagai alat pembayaran yaitu Electronic Data Capture (EDC) merchant atau mesin gesek kartu, QRIS dan juga aplikasi BRImo Super Apps untuk memenuhi kebutuhan pengguna secara personal. 

"Untuk QRIS sendiri, saat ini QRIS BRI berjumlah 79 Ribu user, tersebar di pasar-pasar Kota Medan. Ini merupakan salah satu alat pembayaran yang memudahkan pedagang dan customer dalam melakukan transaksi secara cashless melalui smartphone-nya saja," ujarnya dalam acara penandatanganan Kesepakatan Bersama Wali Kota Medan dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tentang Pembinaan dan Pengembangan UMKM Kota Medan pada Kamis (24/2/2022) di Heritage Grand City Hall, Medan.

1. 100 persen Pusat Pasar dan Pasar Petisah sudah menggunakan QRIS

Sebanyak 79 Ribu Pedagang Pasar di Medan Sudah Gunakan QRIS BRIQRIS BRI. (Dok. BRI)

Direktur Utama PUD Pasar Kota Medan, Suwarno mengamini hal tersebut. Menurutnya saat ini ada dua pasar di Kota Medan yang 100 persen pedagangnya sudah menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran, yaitu Pusat Pasar dan Pasar Petisah.

Ia menargetkan selanjutnya hal yang sama akan ditularkan ke pasar-pasar lain di Kota Medan.

“Selanjutkan kami akan sosialisasi ke Pasar Sekambing dan Kampung Lalang agar pedagang bertransaksi menggunakan QRIS. Lalu disusul ke pasar-pasar yang lain,” jelas Suwarno.

Ia berharap seluruh pedagang pasar di Kota Medan melayani pembayaran nontunai dalam bertransaksi. Ia menilai transaksi nontunai akan lebih aman bagi pedagang dan bisa menekan peredaran uang palsu yang kerap terjadi di pasar-pasar atau dialami para pedagang.

Baca Juga: Salurkan Rp2,7 T untuk UMKM, BRI Medan Juara Kinerja Brilink 2021

2. Ini kelebihan fitur QR Pedagang

Sebanyak 79 Ribu Pedagang Pasar di Medan Sudah Gunakan QRIS BRILayanan menggunakan QRIS. (Dok. BRI)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan fitur QR Pedagang melalui aplikasi mobile banking, BRImo pada Agustus 2021.

Saat ini, telah banyak QRIS Merchant Present Mode (MPM) dan Customer Present Mode (CPM) dari issuer yang bisa dimanfaatkan oleh customer untuk melakukan scan QRIS yang tersedia di pedagang atau pelaku usaha UMKM.

Fitur teranyar ini merupakan QRIS CPM as Acquirer yang terdapat di dalam aplikasi BRImo. Dengan fitur ini, pedagang bisa memiliki aplikasi One Stop Service hanya dengan melakukan scan pada QR yang ditampilkan oleh customer.

Fitur tersebut mampu mempermudah pedagang serta customer dalam bertransaksi non-tunai, terutama akan lebih menguntungkan bagi sisi pedagang karena fitur ini mampu meminimalisir resiko kesalahan input nominal.

Fitur ini berbeda dengan QRIS yang ditanamkan di aplikasi-aplikasi mobile banking yang ada di perbankan selama ini.

Mobile banking yang lain hanya dapat digunakan nasabah atau pelanggan untuk melakukan fitur pembayaran. Saat ini pedagang dengan adanya fitur BRImo Pedagang dapat menjadi solusi untuk menerima pembayaran transaksi dari penerbit kartu bank lain atau finetch.

Manfaat QRIS Pedagang ini mampu mencatat transaksi secara real time ke rekening, sehingga mudah dimonitor. Kemudian dapat menerima QRIS dimana saja melalui handphone tanpa menggunakan alat tambahan seperti EDC atau yang lain.

Yang mengisi angka adalah pedagang sendiri, maka akan meminimalisir salah input nominal transaksi oleh pembeli. Kemudian juga secara data, ini bisa dimanfaatkan untuk membangun kredit profile daripada pedagang, sehingga akan dapat kemudahan apabila nanti digunakan atau pada saatnya pedagang butuh dana tambahan dalam bentuk pinjaman.

Fitur ini juga memungkinkan untuk menghindari kesulitan dalam menyediakan uang kembalian. Juga bisa menghindari uang palsu, uang receh kurang, atau ganti permen.

3. Begini cara menjadi mitra merchant BRI

Sebanyak 79 Ribu Pedagang Pasar di Medan Sudah Gunakan QRIS BRIAplikasi BRIMo. (Dok. BRI)

Cara menjadi mitra merchant BRI pun cukup mudah. Nasabah yang sudah terdaftar sebagai merchant QRIS pada aplikasi BRImo dapat otomatis menggunakan fitur QR Pedagang.

Sedangkan bagi nasabah maupun non-nasabah BRImo yang belum terdaftar menjadi merchant QRIS cukup mendaftar melalui website BRI.

Lalu mengisi form aplikasi online yang telah tersedia serta memastikan alamat dan no handphone yang didaftarkan sudah sesuai untuk mempermudah tahapan verifikasi.

Pendaftaran melalui website bisa diakses oleh pedagang di seluruh Indonesia.

Nasabah dari segala usia kini semakin familiar menggunakan BRImo yang merupakan layanan mobile banking apps BRI.

BRI berkomitmen untuk terus memperkaya fitur-fitur BRImo kedepannya agar senantiasa memenuhi kebutuhan transaksi nasabah yang memberikan berbagai kemudahan, sehingga transaksi dapat dilakukan dengan praktis dari mana pun dan kapan pun lewat genggaman.

Baca Juga: BRI Sudah Salurkan 2.892 Kartu Kusuka pada Nelayan di Belawan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya