Ramadhan Fair Tidak Buka, Akan Ada Pekan Ramadhan di PRSU

Pekan Ramadhan akan diramaikan oleh 50 stand kuliner

Medan, IDN Times - Sudah tiga kali Ramadan pasar kuliner ikonik di Kota Medan, Ramadhan Fair tidak digelar karena pandemik COVID-19. Sebelumnya, Ramadhan Fair selalu digelar tiap tahun di Jalan Masjid Raya dan di Taman Sri Deli. Bahkan Seluruh jalan Masjid Raya akan di sekat untuk hajatan dari Pemko Medan ini.

Sebagai gantinya, akan digelar Pekan Ramadhan di arena PRSU eks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto, Medan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) akan berlangsung mulai 12 April - 1 Mei mendatang.

Dirut PT PPSU, Refly Yuner mengklaim kegiatan ini dilaksanakan untuk membangkitkan perekonomian khususnya pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19. 

"Kegiatan ini atas arahan dari Gubernur Sumut Bapak Edy Rahmayadi yang menginginkan selama Ramadhan, masyarakat dapat mengisinya secara positif dalam ibadah sekaligus meningkatkan perekonomian UMKM," katanya seperti dilansir ANTARA, Jumat (8/4/2022). 

Selain membangkitkan UMKM, event ini dikatakan Refly akan menjadi destinasi pilihan keluarga menikmati malam Ramadhan.

Baca Juga: DPR RI Minta Pertamina dan Polisi Usut Dugaan Pengoplosan Gas di Sumut

1. Pekan Ramadhan akan diramaikan oleh 50 stand kuliner

Ramadhan Fair Tidak Buka, Akan Ada Pekan Ramadhan di PRSUEvent kuliner di PRSU beberapa waktu lalu (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Refly mengatakan Pekan Ramadhan akan diisi dengan 50-an stand kuliner pilihan.

Sebagian besar stand kuliner yang akan hadir di PRSU 2022 juga merupakan merchant kuliner pilihan dari Grab Food. Kemudian akan ada bazar UMKM yang yang melibatkan 50-an UMKM binaan terbaik dari berbagai instansi ternama. 

Selain itu pekan Ramadha juga menggelar  pameran hingga arena bermain anak-anak. Setiap harinya juga akan ada akustik musik religi dan pada malam tertentu akan ada juga hiburan stand up comedy.

"Kami mendesain PRSU 2022 menjadi destinasi berbuka puasa dan menikmati malam Ramadhan dengan suasana berbeda. Di lokasi juga sudah ada masjid yang juga melaksanakan tarawih berjamaah setiap malam Ramadhan. Jadi ibadah Ramadhan bisa tetap jalan," bebernya.

2. Konsepnya adalah destinasi wisata Ramadhan di perkotaan

Ramadhan Fair Tidak Buka, Akan Ada Pekan Ramadhan di PRSUEvent kuliner di PRSU beberapa waktu lalu (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Dia menambahkan, Pekan Ramadhan 2022 dengan tagline "Ramadhan Berkah Bermartabat", terbuka untuk masyarakat secara luas. Warga Sumut yang non-muslim tentu saja diharapkan dapat mengunjungi Pekan Ramadhan 2022. Sebab konsepnya adalah destinasi wisata Ramadhan di perkotaan.

"Bagi masyarakat yang ingin menikmati malam Ramadhan dengan kuliner-kuliner khasnya bisa juga hadir ke pekan Ramadhan. Islam Rahmatan lil 'Alamin hadir di Sumatera Utara," jelas Refly.

3. Layani vaksinasi untuk masyarakat

Ramadhan Fair Tidak Buka, Akan Ada Pekan Ramadhan di PRSUEvent kuliner di PRSU beberapa waktu lalu (IDN Times/Masdalena Napitupulu)

Selama Pekan Ramadhan 2022 berlangsung, panitia sudah bekerja sama dengan Satgas COVID-19 Provinsi Sumatera Utara. Karena itu, masyarakat yang datang berkunjung dipastikan dalam kondisi sehat dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Panitia juga akan membuka posko vaksinasi. Masyarakat yang mau melaksanakan vaksinasi dosis 1, 2 dan vaksinasi booster siap untuk dilayani.

"Kami berharap masyarakat Medan dan Sumut pada umumnya dapat meramaikan Pekan Ramadhan 2022 yang direncanakan akan dibuka Bapak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi," tutupnya. 

Baca Juga: Diduga Mengoplos, Pertamina Periksa Agen LPG Resmi di Siantar

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya