Pemkab Tapteng Akan Bangun 500 Unit Rumah untuk Warga Miskin

Bupati beberkan program yang akan dilakukan tahun ini

Tapanuli tengah, IDN Times - Selain pengembangan destinasi wisata dan infrastruktur, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah juga akan memprogramkan rumah gratis bagi warga tidak mampu.

Total akan ada 500 rumah yang akan dibangun.

Hal ini dikatakan Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, pada acara malam Pagelaran Seni dan Budaya Kabupaten Tapanuli Tengah di PRSU Medan, Rabu (27/3).

1. Tahun ini dibangun 70 unit dulu

Pemkab Tapteng Akan Bangun 500 Unit Rumah untuk Warga MiskinANTARA FOTO/Jojon

"Tahun ini kita bangun 70 unit rumah secara gratis yang akan kita berikan kepada masyarakat yang tidak mampu," kata Bahktiar.

Dikatakannya, program rumah gratis yang diprogramkan Pemkab Tapteng bukan hanya untuk di tahun 2019. Bakhtiar mengatakan bahwa program tersebut akan terus berlanjut hingga masa jabatannya berakhir.

"Tahun depan rencana kami 140 rumah, tahun berikutnya 280 rumah, dan target kami sebelum habis masa jabatan 500 hingga 700 rumah selesai dibangun di Kabupaten Tapteng," bebernya.

Baca Juga: Bikin Bangga! 5 Siswa SMK Muhammadiyah Tapteng Masuk PTN Tanpa Ujian

2. Penerima harus benar-benar layak menerima dan dari warga tidak mampu

Pemkab Tapteng Akan Bangun 500 Unit Rumah untuk Warga MiskinANTARA FOTO/R. Rekotomo

Untuk masyarakat yang mendapatkan bantuan rumah gratis tersebut, dirinya menyampaikan harus sesuai dengan persyaratan yang nantinya sudah ditentukan oleh pihak Pemkab Tapteng.

"Harus memang benar-benar layak menerima, dan memang warga Kabupaten Tapanuli Tengah yang tidak mampu," ungkapnya.

3. Fokus perbaiki jalan lintas Sumatera

Pemkab Tapteng Akan Bangun 500 Unit Rumah untuk Warga MiskinWika Beton

Selain itu Bakhtiar memastikan bahwa tahun 2019 infrastruktur jalan di Kabupaten Tapteng dipastikan sudah mulus total. Baik jalan lintas, jalan Kabupaten hingga jalan di desa.

Bakhtiar juga menyampaikan, saat ini Pemkab Tapteng kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat dengan bantuan dana sebesar Rp 120 Miliar untuk memperbaiki jalinsum yang berada di Tapanuli Tengah.

"Jalan lintas yang sudah bagus sekarang ditahun ini juga kita akan perbaiki lagi hingga bagus, apalagi juga sekarang kita telah mendapatkan kepercayaan dari presiden RI Joko Widodo dengan dana Rp 120 Miliar dan sudah tender untuk meperbaiki kembali jalan lintas dari perbatasan Tapsel hingga perbatasan Aceh ini akan dibangun kembali, jadi artinya di tahun 2019 Jalan sudah mulus total," ungkapnya.

4. Anggarkan pembangunan jalan kecamatan dan kabupaten Rp 67 Miliar

Pemkab Tapteng Akan Bangun 500 Unit Rumah untuk Warga MiskinIstimewa

Bahkan kata Bakhtiar, Pemkab Tapteng saat ini juga sudah mengganggarkan biaya untuk perbaikan jalan-jalan di Kecamatan hingga ke Desa.

"Ditambah dengan jalan Kecamatan dan Kabupaten yang sudah kita anggarkan kurang lebih Rp 67 Miliar tahun ini," katanya.

Dikatakannya, selesainya infrastruktur di Kabupaten, Pemkab Tapteng juga akan bangun beberapa villa guna mendukung wisata di Tapanuli Tengah.

"Jadi setelah dibangun, kita akan bangun villa di Pantai Muara Nauli Kolang untuk menunjukkan bahwa kita sudah siap untuk didatangi wisata," katanya.

Baca Juga: Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak Berat

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya