Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak Berat

Dua kabel listrik terputus

Tapanuli Tengah, IDN Times - Angin puting beliung menerjang Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga, Provinsi Sumatera Utara pada Selasa (19/3) sekitar pukul 20.30 WIB.

Akibatnya, lima atap rumah warga di Lingkungan IV Kelurahan Lubuk Tukko, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah dikabarkan mengalami kerusakan.

"Sudah rusak semua," kata Syafrizal Chaniago, seorang korban saat ditemui di lokasi.

Safrizal menuturkan, kejadian nahas yang dialami keluarganya ini tanpa mereka sadari. Pasalnya, sebelum kejadian, dirinya dan keluarga saat itu sedang berada di dalam rumah.

"Saat itu saya sedang mengobati luka anak, saya lihat ke arah plafon (asbes) ternyata sudah jebol dan air hujan masuk ke dalam rumah, sudah digenangi air lah semua isi rumah pak," tuturnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kunker ke Sibolga, Presiden Jokowi Disambut Akbar Tanjung

1. Warga memilih mengungsi untuk selamatkan diri

Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak BeratIDN Times/Hendra Simanjuntak

Hal yang sama juga menimpa Aliman Chaniago (48) tetangga Safrizal. Atap rumah miliknya copot akibat terjangan puting beliung.

"Nggak peduli lagi saya dengan kondisi rumah saya, karena saat itu saya hanya memikirkan anak saya. Apalagi si bungsu masih 8 bulan usianya. Walaupun hujan deras, saya terobos mengungsikan keluarga dari rumah," kata bapak anak tiga ini.

Begitupun dengan Julimar Chaniago (52), walau hanya mengalami kerusakan sedikit pada bagian atap rumah, namun meteran listiknya copot akibat terjangan angin puting beliung.

"Seperti suara mobil truk pak gemuruhnya saat angin itu datang, yang saya lihat atap rumah saudara saya (Safrizal dan Aliman,red) sudah copot semua," ungkap Julimar.

2. Dua kabel listrik tegangan tinggi yang terputus akibat terjangan angin puting beliung telah ditangani oleh pihak PLN.

Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak BeratIDN Times/Hendra Simanjuntak

Pantauan di lokasi, terlihat sejumlah warga sekitar ikut membantu korban mencari atap rumah yang terlempar hingga sejauh 300 meter dari titik rumah.

Sementara itu, dua kabel listrik tegangan tinggi yang terputus akibat terjangan angin puting beliung telah ditangani oleh pihak PLN.

"Langsung kita hubungi pihak PLN untuk memutus kabel yang terputus itu, karena kita takut arus listrik itu bisa menimbulkan bahaya bagi warga sekitar," katanya.

3. BPBD Tapteng minta warga tetap waspada

Tapanuli Tengah Diterjang Angin Puting Beliung, 5 Rumah Rusak BeratIDN Times/Hendra Simanjuntak

Kabid Kedaruratan BPPD Tapteng Armen Pulungan bersama Kabid Rehabilitasi Leo Sinaga dan Kasubid Pra Bencana Jhon Afner terlihat tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap barang-barang korban ke tempat yang lebih aman.

"Ada lima rumah. Dua rumah habis semua atapnya, sementara barang-barang di dalam juga basah dan tadi sudah sepakat kepada warga yang tertimpa musibah, besok pagi kita pindahkan karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan. Untuk sementara kita amankan dengan ditutupi terpal dulu," kata Armen.

Sementara tiga rumah kena imbas dari angin puting beliung mengalami rusak ringan hanya beberapa bagian atap yang copot.

"Semua korban sudah kita data, bekerjasama dengan lurah dan kepling. Kami juga mengimbau agar warga tetap waspada," katanya.

Baca Juga: Jokowi Beri Bantuan Rp 1,4 M untuk Korban Bom Sibolga

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya