Monyet Liar Serbu Rumah Warga, Damkar Tebingtinggi Turun Tangan

Kejadian ini sudah terjadi sejak 10 tahun terakhir

Tebing Tinggi, IDN Times - Personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Tebing Tinggi berupaya mengusir ratusan monyet yang menyerbu rumah warga di Lingkungan III Kelurahan Bandar Utama Kecamatan Tebing Tinggi Kota, Sabtu (25/9/2021).

Petugas Damkar dengan menggunakan bazoka air yang diisi sabun deterjen serta pemasangan tangkal yang tradisional serbuk terasi dan kapur barus dibungkus kain dipasang di rumah warga.

Baca Juga: Mobil Vaksinasi Keliling Diluncurkan di Medan, Ini Kata Erick Thohir

1. Monyet masuk ke dalam rumah dan mengacak-acak isi rumah terutama di dapur

Monyet Liar Serbu Rumah Warga, Damkar Tebingtinggi Turun TanganSeekor monyet ekor panjang mengambil jajanan milik warga di Lembang, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Kadis Damkar dan Penyelamatan Abdul Halim Purba, mengatakan kami berupaya untuk mengusir monyet-monyet tersebut kehabitatnya.

Meskipun dengan peralatan sederhana setidaknya agar rumah warga tidak diporak-poranda monyet yang sudah membuat warga resah.

Dikatakan Halim Purba Dinas Damkar sudah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut untuk mengatasi hal ini.

"Ia berharap keadaan ini dapat teratasi, warga resah monyet selain merusak atap rumah, dan masuk ke dalam rumah mengacak-acak isi rumah terutama di dapur, dan bahkan sudah mengancam keselamatan warga, jika kepergok menerkam," ujar Kepling. 

2. Dapur rumah kerap kali dimasuki kawanan monyet

Monyet Liar Serbu Rumah Warga, Damkar Tebingtinggi Turun TanganFoto hanya ilustrasi. (Instagram.com/rhinodesouza)

Sebelumnya, warga di Lingkungan III, Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebingtinggi Kota, Kota Tebingtinggi diserang kawasan monyet. Hewan primata merusak rumah warga hingga mengambil makanan yang ada di dalam rumah. 

Salah seorang warga, Lina Hanum Lubis mengaku dapur rumah kerap kali dimasuki kawanan monyet. Kondisi tersebut membuat dia menjadi resah dan berharap pihak terkait untuk mengusir kawasan tersebut. 

3. Penyerangan sudah terjadi sepuluh tahun terakhir

Monyet Liar Serbu Rumah Warga, Damkar Tebingtinggi Turun Tanganhttps://fr.freepik.com

Lina juga mengatakan, ulah gerombolan monyet tersebut sudah sangat meresahkan dan mengganggu aktivitas warga.

“Seng pada bocor, masuk ke rumah mengambil makanan. Yang ditakutkan monyet masuk ke rumah dan mau menerkam kita kalau kepergok. Apalagi di rumah ada anak-anak, kita sangat khawatir,” ujarnya.

Kejadian ini ternyata bukan pertama kalinya terjadi, melainkan sudah sepuluh tahun terakhir ini gerombolan monyet sering menyerang pemukiman warga tersebut.

Baca Juga: Kisah Jusuf Sokartara, Mantan Atlet yang Keliling Dunia dengan Sepeda

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya