TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Sigapiton, Pemerintah Kembangkan Desa Wisata Lain di Danau Toba

Jadi proyek lintas kementerian

Hamparan Sawah Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata yang berada di dekat Danau Toba (Fit Hartoyo for IDN Times)

Toba, IDN Times – Rapat lintas kementerian dan lembaga yang dipimpin Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan membahas sejumlah hal penting tentang pengembangan Danau Toba. Luhut didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Wishnutama Kusubandio dalam rapat yang digelar di Institute Teknologi Del di Kabupaten Toba, Rabu (4/3).

Mereka membahas soal pengembangan infrastruktur hingga spot destinasi yang akan memperkaya pariwisata Danau Toba. Luhut dan Wishnutama juga berkesempatan melihat kesiapan sejumlah destinasi yang akan dikunjungi Raja dan Ratu belanda pada 13 Maret mendatang. Termasuk melihat perkembangan pembangunan Pelabuhan Penyebrangan di Kecamatan Balige.

Baca Juga: Kata Luhut dan Wishnutama, Narasi Tentang Toba Bisa Sedot Wisman

1. Rencananya akan ada beberapa desa wisata baru selain Sigapiton

Menko Marves Luhut Bindar Panjaitan dan Menparekraf Wishnutama Kusubandio meninjau Bukit Singgolom yang rencananya akan dikunjungi Raja dan Ratu belanda 13 Maret mendatang (IDN Times/Prayugo Utomo)

Hal yang cukup penting dibahas dalam rapat itu adalah soal pengembangan destinasi wisata. Salah satunya adalah soal Desa Wisata.

Saat ini, pemerintah tengah mengembangkan Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Ke depan diproyeksi ada beberapa desa wsata baru.

“Desa Sigapiton ini sebagai pilot project di Danau Toba. Untuk tahap awal kita ajukan 10 desa wisata lain,” ungkap Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo.

2. Pengembangan desa wisata akan digarap lintas kementerian

Sigapiton menjadi salah satu desa yang dikembangkan menjadi destinasi wisata (Fit Hartoyo for IDN Times)

Arie menjelaskan, proyek pengembangan desa wisata akan digarap lintas kementerian dan lembaga. Antara lain, Kementerian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf);  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beserta sejumlah lembaga terkait lainnya.

“Ini harus segera dikembangkan. Tadi Juni targetnya minimal sudah sesuatu. Minimal hal-hal basic untuk pariwisata,” ungkapnya.

Baca Juga: Ke Danau Toba, Menpar Wishnutama: Keindahannya Tak Kalah dari Eropa

Berita Terkini Lainnya