TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

[BREAKING] Gubernur Syamsul dibawa ke Medan, Dimakamkan di Langkat

Syamsul Arifin Meninggal Selasa 17 Oktober 2023

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama tokoh masyarakat yang juga mantan Gubernur Sumut Syamsul Arifin menghadiri Peringatan Nuzul Qur'an yang diselenggarakan oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Ikhlas, Jalan STM Suka Ikhlas Medan, Sabtu (30/4/2022).

Medan, IDN Times – Mantan Gubernur Sumatra Utara Syamsul Arifin meninggal dunia di RSPAD Jakarta, Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 12.45 WIB. Abang kandung Bupati Langkat Syah Affandin itu meninggal pada usia 71 tahun.

Informasi yang dihimpun jenazah Syamsul akan diberangkatkan ke Kota Medan, hari ini. “Almarhum akan disemayamkan di rumah duka, Jalan STM, Kota Medan,” ujar Humas Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI) Diurmawan kepada awak media.

Setelah disemayamkan di Kota Medan, Syamsul akan dikebumikan di Gebang, Kabupaten Langkat.

“Jenazah akan dikebumikan pada Rabu, 18 Oktober 2023 pagi,” kata Diurmawan.

Untuk diketahui, Syamsul adalah putra asli Sumatra Utara yang lahir di Kota Medan pada 25 September 1952. Dia merupakan anak dari  pasangan Hasan Basri atau lebih dikenal dengan Hasan Perak dan Fadlah. Hasan merupakan seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang terlibat dalam pertempuran di Pangkalan Brandan. Saat itu, Hasan berpangkat Sersan Mayor.

Dalam adat suku Melayu, ia memiliki gelar Datuk Lelawangsa Sri Hidayatullah Putera Melayu Sahabat Semua Suku. Politikus kondang itu menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara sejak 16 Juni 2008 hingga diberhentikan akibat terjerat kasus korupsi pada 21 Maret 2011.

Syamsul menikah dengan Datin Seri Fatimah Habiebie pada 26 Mei 1974. Mereka dikaruniai tiga orang anak, diantaranya Beby Arbiana dan Aisia Samira, serta Farid Nugraha yang telah meninggal dunia.

Berita Terkini Lainnya