Pelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut Dimeriahkan dengan Seminar

Ingin meningkatkan kolaborasi semua bidang

Medan, IDN Times - Indonesian Association for Clinical Chemistry (IACC)  Cabang Sumatera Utara dan Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI) melaksanakan kegiatan pelantikan pengurus bersama di Hotel Four Point by Sheraton Medan, Sabtu (14/10/2023). Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Seminar Ilmiah bertajuk “Clinical Laboratory and Healthcare Excellence: Shining a Light on the Value”.

Ada pun Ketua IACC Sumatra Utara yang baru dilantik adalah dr. Dewi Indah Sari Siregar, MKed (ClinPath), SpPK(K), sedangkan Ketua Umum ILKI Sumatera Utara adalah Naman Karo-Karo. Acara pelantikan ini dihadiri lebih Pengurus IACC dan ILKI Wilayah , Perwakilan Cabang dari seluruh area Sumut dan Pembina serta Pengurus Pusat.

Sedangkan seminar yang digelar secara hybrid ini dihadiri lebih dari 300 peserta berasal dari Pemilik, Pimpinan (Direktur/Manajer/Kepala) Laboratorium Klinik di Rumah Sakit, Klinik, Fasilitas Pelayanan Klinik Lain dan Laboratorium Klinik Mandiri, Dokter Spesialis Patologi Klinik (Penanggung Jawab Laboratorium).

Ada juga Praktisi Laboratorium Kesehatan, Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM) dan para professional yang memiliki akses penting dalam pemeriksaan dan pelayanan di laboratorium kesehatan, Dokter Umum, Mitra kerja IACC dan ILKI, Undangan dan pejabat yang berhubungan dengan Laboratorium Kesehatan. Acara ini juga didukung oleh Laboratorium Kesehatan Prodia.

1. Seminar untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi praktisi kesehatan

Pelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut Dimeriahkan dengan SeminarPelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut dimeriahkan dengan seminar ilmiah (Dok. IDN Times)

Ketua Panitia pelaksana dr. Yanni Tjandra, MKed, SpPK mengatakan pelantikan bersama ini sebagai upaya perkembangan organisasi. Kemudian dilanjutkan dengan Seminar Ilmiah sebagai salah satu  upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kompetensi praktisi kesehatan.

“Agenda utama adalah Pelantikan Pengurus Indonesian Association for Clinical Chemistry (IACC)  Cabang Sumatera Utara dan Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI) Cabang Sumatera Utara. Agenda berikutnya adalah Seminar Ilmiah yang sangat bermanfaat dalam menambah wawasan, pengetahuan dan peningkatan kompetensi bagi para pemilik, pengelola, dokter penanggung jawab serta para profesional yang berkecimpung dalam pelayanan di Laboratorium Kesehatan,” ujarnya.

2. Teknologi digital yang semakin maju harus ditanggapi dengan bijak

Pelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut Dimeriahkan dengan SeminarPelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut dimeriahkan dengan seminar ilmiah (Dok. IDN Times)

Seminar Ilmiah ini mengupas beberapa topik tentang manajemen laboratorium kesehatan di era digitalisasi, patient safety dan mutu laboratorium serta peningkatan layanan laboratorium, yang akan diisi oleh pembicara dari Dinas Kesehatan Provinsi, PDS PATKLIN, Pengurus IACC, ILKI, PATELKI dan profesional lain di bidang Laboratorium Kesehatan.

Pandemi Covid-19 selain berdampak pada masalah kesehatan di seluruh dunia, khususnya Indonesia juga berdampak pada transformasi layanan kesehatan menuju era digitalisasi.

Teknologi digital yang semakin maju harus ditanggapi dengan bijak, dikembangkan dan dimanfaatkan oleh seluruh fasilitas kesehatan dalam upaya meningkatkan efektivitas, efisiensi dan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat.

Seperti dikutip dari Colleen Strain dan Triacia H. Ravalico dalam jurnalnya menyampaikan bahwa hubungan antara kedokteran laboratorium dan keunggulan layanan kesehatan sangatlah kuat, saling berhubungan, dan telah teruji oleh waktu.

3. Meningkatkan kolaborasi semua bidang

Pelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut Dimeriahkan dengan SeminarPelantikan Pengurus IACC dan ILKI Sumut dimeriahkan dengan seminar ilmiah (Dok. IDN Times)

Kemitraan ini sangat penting dalam memenuhi perawatan kesehatan berbasis nilai, memperluas peran strategis laboratorium klinis dari model transaksional tradisional menjadi model strategis yang mempercepat atau mengaktifkan kaskade perawatan baru di era digital.

Oleh karena itu Indonesian Association for Clinical Chemistry (IACC) bersama-sama Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (ILKI), sebagai organisasi yang beranggotakan Dokter Spesialis Patologi klinik dan Laboratorium Kesehatan baik dari Laboratorium klinik dari rumah sakit, klinik dan juga laboratorium klinik mandiri di seluruh Indonesia berkomitmen untuk mendukung anggotanya dan komunity agar terus tumbuh dan berkembang serta dapat bersaing di era baru ini, diantaranya melalui informasi dan edukasi melalui seminar  ilmiah.

“Tujuan dari acara ini juga untuk meningkatkan kolaborasi semua bidang terkait dan para profesi dibidang kesehatan dan laboratorium klinik dalam meningkatkan mutu layanan dan memenuhi perawatan kesehatan berbasis nilai, dan dapat memperluas peran strategis laboratorium klinis dan layanan kesehatan yang menaunginya. Dan bagi para peserta dapat lebih mengenal kiprah IACC dan ILKI dan dapat bergabung serta turut aktif mendukung organisasi IACC dan ILKI sebagai wadah bagi Laboratorium Kesehatan untuk mempertahankan eksistensi dan mengembangkan laboratorium masing-masing,” terang dr. Yanni.

Baca Juga: Berkat Penalti, PSMS Medan Bawa Pulang Satu Poin dari Markas PSPS Riau

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya