Demokrat Bantah Video TikTok Sekjen Tolak Kedatangan Anies ke Aceh

Akun pengunggah dilaporkan ke Kominfo dan Polda Aceh

Banda Aceh, IDN Times - Beberapa hari ini beredar sebuah video tulisan berisi narasi Partai Demokrat menolak atau melarang kedatangan Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan, ke Aceh. Video itu diunggah di media sosial TikTok.

Video penolak yang kemudian viral di jagat maya tersebut mengatasnamakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Aceh, Muslim. 

Adapun video viral tersebut memuat foto Sekjen Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya, dan dua kader lainnya mengenakan seragam partai berwarna biru. Narasi dalam video itu yakni 'TOLAK KEDATANGAN ANIES BASWEDAN KE ACEH' dan 'PENGKHIANAT TIDAK PANTAS MENGINJAKKAN KAKI DI BUMI SERAMBI MEKKAH'.

1. Partai Demokrat di Aceh bantah dan sebut video itu fitnah

Demokrat Bantah Video TikTok Sekjen Tolak Kedatangan Anies ke AcehPartai Demokrat (demokrat.or.id)

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Partai Demokrat Aceh, Firdaus Noezula, mengatakan sekjen maupun ketua DPD tidak pernah mengeluarkan kalimat kebencian seperti dalam narasi video tersebut. Ia menilai video sengaja dibuat pihak tidak bertanggung jawab yang ingin merusak citra dari partai berlogo Bintang Mercy tersebut.

“Postingan tersebut adalah fitnah dan berita bohong,” kata Firdaus, kepada wartawan, Senin (16/10/2023).

2. Menghormati perbedaan dan prinsip dalam demokrasi

Demokrat Bantah Video TikTok Sekjen Tolak Kedatangan Anies ke AcehAnies Baswedan menyapa relawan. (FOTO: Twitter/ Anies Rasyid Baswedan)

Firdaus menyampaikan Partai Demokrat sangat menghargai perbedaan dan prinsip-prinsip yang berlaku dalam tatanan demokrasi. Oleh karena itu menurutnya, segala hal yang berpotensi merusak demokrasi dan keharmonisan dalam masyarakat harus dihindari serta pelaku ditindak tegas.

“Kita sangat menghargai perbedaan dan nilai-nilai yang berlaku dalam sistem demokrasi, khususnya di Aceh. Namun, apabila ada yang ingin mengadu domba, maka upaya ini harus dicegah dan ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Juru Bicara Partai Demokrat Aceh itu.

3. Akun pengunggah dilaporkan ke Kominfo dan Polda Aceh

Demokrat Bantah Video TikTok Sekjen Tolak Kedatangan Anies ke Acehilustrasi TikTok (IDN Times/Izza Namira)

Sehubungan dengan itu, akun yang mengunggah video tersebut dikatakan Firdaus, telah dilaporkan Demokrat ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) untuk kemudian dicek dan ditindak. 

Firdaus berharap kasus itu dapat diselesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia mengakui Partai Demokrat akan menempuh jalur hukum untuk melaporkan akun tersebut ke Kepolisian Daerah (Polda) Aceh.

“Kita akan mengambil langkah hukum untuk melaporkan pemilik akun tersebut ke Polda Aceh. Kita meminta kasus ini diusut tuntas oleh Polda Aceh,” tegasnya.

Baca Juga: Reaktivasi Jalur Kereta Medan-Aceh di Bawah Bayang-bayang Korupsi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya