TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kawan, Kawin, dan Berangkat Haji Bersama di Usia 105 dan 104 Tahun

Kisah perjalanan jemaah calon haji tertua dari Sumut

IDN Times/Masdalena Napitupulu

Medan, IDN Times - Romantisnya pasangan dari Kloter 9 asal Padangsidempuan yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Medan, pukul 09.00 WIB, Sabtu (20/7). Pasangan Jemaah Calon Haji (JCH) ini  berangkat haji bersama di usia 105 tahun dan 104 tahun.

Kartawi yang berusia 105 tahun dan istrinya Karitem, 104 tahun sangat ingin melakukan ibadah haji bersama istrinya. Perempuan yang menjadi teman mainnya saat anak-anak.

Saat ditanya kapan mereka jadian, Kartawi sulit mengingatnya.

"Jadi dia ini sebenarnya kawan main saya, pas masih anak-anak. Kami sekampung. Pas udah besar, saya pinang dia mau pula, seperti ini lah sekarang," tuturnya.

Baca Juga: Satu Jemaah Calon Haji Kloter 9 Medan Meninggal Dunia, Ini Sebabnya

1. Pasangan ini menjadi pasangan tertua yang menunaikan ibadah ke tanah suci dari Embarkasi Medan

IDN Times/ M. Idris

Di usia yang lebih dari satu abad, pasangan ini menjadi pasangan tertua yang menunaikan ibadah ke tanah suci dari Embarkasi Medan.

Walau sudah tua, namun tampaknya usia Kartawi dan Karitem tak menghambat mereka untuk bergerak selama mengikuti proses keberangkatan.

Saat ditemui di Kamar S126 Gedung Hotel Madinah Al Munawarah, Kartawi menuturkan kesehatan yang ia terima adalah karunia Allah SWT.

"Ya gak tahu saya. Ini karunia Allah, wong saya merokok kok. Baru empat tahun ini aja berhenti," ujar Kartawi.

2. Sejak mendaftar haji tahun 2013, Kartiwi tidak mau merokok lagi

IDN Times/Aan Pranata

Melakukan pendaftaran haji pada tahun 2013, Kartawi dan istri mengaku lebih bersemangat menjalani hidup. Mereka ingin menunaikan ibadah haji.

"Memang sesudah mendaftar itu saya makin bersemangat. Gak mau sakit-sakitan. Rokok juga ditinggalkan karena mulai sesak napas. Tapi kerja masih," ujarnya.

Baca Juga: Hotel Bintang Empat Pertama di Balige, 4 Fakta tentang Hotel Labersa

Berita Terkini Lainnya