TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Tahapan Proses Upacara Pernikahan Adat Batak Toba

Upacara adat adalah rangkaian sakral dan penuh makna

Medan, IDN Times - Batak Toba memiliki populasi masyarakat suku adat Batak Toba yang sangat besar, yang tersebar di berbagai kota di provinsi Sumatera Utara. Oleh karena itu, masih banyak tradisi adat yang dijalani hingga hari ini, salah satunya yang masih dilaksanakan adalah proses upacara pernikahan Batak Toba.

Seperti pernikahan adat lainnya yang memiliki rangkaian sakral dan penuh makna, upacara pernikahan Batak Toba pun demikian halnya. Bahkan upacara pernikahan Batak Toba memiliki tahapan proses yang lebih panjang dibandingkan upacara adat dari daerah lain di tanah air.

Berikut adalah tahapan proses upacara pernikahan Batak Toba yang hingga kini masih dijalankan oleh masyarakat adat Batak Toba. Simak di sini!

Baca Juga: Beda Penyajian Beda Nama, Ini 5 Olahan Itak dari Batak Toba  

1. Ciri-Ciri Pernikahan Adat Batak Toba

https://perpustakaan.id

Sebelum lebih jauh membahas tentang tahapan proses upacara pernikahan Batak Toba, lebih dahulu mengenal ciri-ciri dari pernikahan Batak Toba adalah hal yang jauh lebih penting. Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri yang anda harus ketahui.:

Menganut hukum eksogami
Proses upacara pernikahan Batak Toba adalah menganut hukum eksogami atau perkawinan di luar kelompok suku. Dalam prakteknya masyarakat suku Batak Toba tidak akan menikah dengan seseorang yang memiliki marga suku yang sama.

Berdasarkan rongkap jodoh dari kedua mempelai
Mengharapkan kedua mepelai agar segera memiliki kebahagian, kesejahteraan, dan segera dikaruni anak.

2. Tingkatan pada Pernikahan Adat Batak Toba

Instagram.com/inspirasibatak

Sebelum melakukan tahapan proses upacara pernikahan Batak Toba calon pengantin akan melaksanan upacara pertunangan terlebih dahulu. Pertunangan ini lebih memiliki sifat yang intim, atau khusus untuk keluarga terdekat saja.

Dalam upacara pertunangan tersebut mendapatkan hasil inti upacara yaitu pengikatan atau menjamin penyatuan kedua calon pengantin ke dalam lingkungan atau kehidupan yang baru, serta persiapan perpisahan perempuan kepada keluarganya sebelum diteguhkan di dalam upcara pernikahan.

Secara umum tingkatan proses pernikahan adat Batak Toba meliputi:

Unjuk yaitu tingkatan perkawinan yang pelaksanaannya mengikuti semua prosedur adat, atau tata upacara perkawinan biasa.

Mangadati yaitu tingkatan perkawinan yang pelakanannya tidak mengikuti prosedur adat batak, sehingga salah satu mempelai kawin lari, tapi ritus atau prosesnya dilakukan sebelum pasangan tersebut mempunyai anak.

Pasahat sulang-sulang ni pahompu yaitu tingkatan perkawanan yang dilakukan di luar  hukum adat batak, sehingga pasangan melakukan ritus setelah memiliki anak.

Baca Juga: Resep Kue Pohulpohul Khas Batak Toba yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang

Berita Terkini Lainnya