TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada 2.000-an Jenis Permainan Tradisional di Sumut, Yuk Lestarikan!

Istri Gubernur dianugerahi Bunda permainan tradisional

Permainan tradisional telok abang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Medan, IDN Times- Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI) Sumut, Agustin Sastrawan menyampaikan Sumut memiliki banyak sekali permainan rakyat dan olahraga tradisional yang mencapai kurang lebih 2000-an jenis.

Untuk itu, semua orang wajib menjaga ketahanan budaya. Salah satunya dengan melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisonal. 

“Banyak yang tidak menyadari dengan kekayaan alam yang besar, Sumut memiliki potensi yang besar sekali untuk menciptakan sesuatu yang baru,” kata Agustin, Selasa (31/8/2021). 

Baca Juga: Main Game 2 Jam Bakar Kalori Setara 1.000 Kali Sit Up, Ini Sebabnya

1. Saat ini, anak-anak banyak sekali yang terpengaruh dengan permainan yang punya pengaruh kurang baik

Ilustrasi Game (IDN Times/Mardya Shakti)

Namun saat ini, Agustin menilai anak-anak banyak sekali yang terpengaruh dengan permainan yang punya pengaruh kurang baik. Agustin menyebutkan sejumlah permainan modern di gawai, yang tidak lebih baik dari permainan rakyat dan olahraga tradisional yang ada.

2. KPOTI Sumut akan membentuk 250 Desa Pangkalan Olahraga Tradisional di lima zona

Ilustrasi permainan tradisional (permainan-tradisional.com)

Agustin menuturkan, KPOTI Sumut akan membentuk 250 Desa Pangkalan Olahraga Tradisional di lima zona yakni Deliserdang, Langkat, Padangsidimpuan, Toba dan Labuhanbatu. Pembentukan ini akan melibatkan Pemerintah Provinsi Sumut.

"Pangkalan olahraga ini fungsinya untuk pendataan, penggalian hingga pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional. Selain itu berfungsi juga sebagai tempat pembinaan prestasi bagi masyarakat," ujarnya pada kegiatan puncak Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Sumut 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin. 

Baca Juga: Rindu! Ini 7 Permainan Tradisional yang Bikin Ingat Masa Lalu

Berita Terkini Lainnya