TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ironisme Jejak Sejarah Kota Medan, Usia 432 Tahun Tanpa Museum 

Diharapkan Pemko Medan bangun museum khusus 

Istana Maimun menjadi salah satu objek wisata favorit di Kota Medan. Istana ini merupakan bukti kebesaran Kesultanan Deli (IDN Times/Prayugo Utomo)

Medan, IDN Times - Kota Medan merupakan Ibu Kota dari wilayah Sumatera Utara. Saat ini terhitung sudah genap berusia 432 tahun lamanya. Namun, hingga saat ini jejak sejarah Kota Medan seakan terlupakan.

Hal ini diakui oleh Pengamat Sejarah, Dr Phil Ichwan Azhari yang menilai bahwa sejarah Kota Medan terabaikan begitu saja. Bahkan, tak memiliki museum sejarah kota Medan untuk mengenang dan dipelajari kembali oleh generasi muda.

"Sampai saat ini Pemko Medan tidak memiliki museum sejarah kota. Mengaku berusia tua, tapi jejak ketuaannya tidak terekam," jelas Ichwan pada IDN Times.

1. Situsnya sudah tidak dirawat lagi dan memori kota dalam sejarah panjang ini tak disimpan

Pengamat sejarah, Phil Ichwan Azhari (Dok. Istimewa)

Ichwan juga menegaskan bahwa, meski berusia 432 tahun, situs Kota Medan tidak lagi dirawat dan memori kota dalam sejarah panjang ini tak disimpan untuk diaktualkan dan diabadikan dalam museum.

"Usianya yang kini telah 432 tahun Kota Medan, namun hingga sekarang tanpa atau tak memiliki Museum Kota," jelasnya.

2. Tanpa museum kota, yang ada hanya Museum Provinsi Sumatra Utara

Pengamat sejarah, Phil Ichwan Azhari (Dok. Istimewa)

Menurutnya, ada satu museum yang berada di Jalan H. M.Joni Medan berisi tentang beberapa sejarah Kota Medan. Namun, untuk kepemilikan bukanlah Pemko Medan melainkan museum Provinsi Sumut. "Museum lainnya itu museum perusahaan, yayasan, instansi pusat, dan pribadi," ujarnya.

Baca Juga: Masjid Al-Osmani, Masjid Tertua di Medan Simbol Awal Kerajaan Deli

Berita Terkini Lainnya