TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Gelar Deklarasi Kampanye Pilkada Medan Hari Ini

Riko-Zaki No 1, Ridha-Rani No 2, Hidayatullah-Yassir No 3

Suasana ketiga paslon usai pencabutan nomor urut Pilkada Kota Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Medan, IDN Times - Usai sudah pencabutan nomor urut tiga Paslon Pilkada Medan. Nomor urut 1 pasangan calon Wali Kota Rico Waas-Zakiyuddin, pasangan urut nomor 2 yaitu pasangan calon wali kota dan wakil Waki kota Ridha-Rani, dan pasangan calon nomor urut 3 yaitu Hidayatullah-Yasir Ridho Lubis

Selanjutnya, hari ini (24/9/2024) KPU Kota Medan akan melaksanakan deklarasi kampanye Pilkada damai yang dilaksanakan di halaman kantor KPU Kota Medan.

"Kami mengundang masing-masing Paslon dengan tim pendukungnya sejumlah yang sama hadir pada hari ini. Kemudian kami mengundang Forkopimda, tokoh masyarakat, para rektor dan media," jelas Ketua KPU Kota Medan, Mutia Atiqah.

1. KPU merasa pendukung terlalu bereuforia

Pada pencabutan nomor tadi malam, menurut Atiqah menjadi perhatian dan seharusnya masyarakat juga cukup cerdas dalam melihat suasana, atau situasi yang sedang berlangsung dalam proses acara dan kemudian penetapan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 2024.

"Memang KPU Kota Medan memberikan waktu bagi pasangan calon untuk membunyikan atau beryel-yel selama kurang lebih 2 menit," jelasnya.

Sebelumnya, ada paslon yang sempat mendapat teguran dari KPU Medan. Para pendukung paslon terlihat bergembira dan meneriakkan yel-yel yang telah mereka siapkan. 

2. KPU memberikan pengeras suara pada masing-masing pendukung paslon

Berawal dari pihak KPU Medan yang memberikan waktu dua menit, untuk masing-masing pendukung menyampaikan  yel-yel dukungan. Namun sayangnya, pendukung salah satu paslon menyampaikan yel-yel dengan membawa pengeras suara dan sebagian pendukung naik ke atas kursi.

"Yang membawa pengeras suara itu tolong diambil karena tidak diperbolehkan dalam aturan. Jangan naik kursi cukup menyampaikan yel-yel di bawah," ucap Ketua KPU Medan. 

Merasa ditegur, Rico Waas langsung mengamankan para pendukungnya. Saat dikonfirmasi, Rico mengaku, timnya tidak membawa alat pengeras suara. 

"Tidak, kami tidak membawa pengeras suara dan kami tidak mendengar itu dari tim kami," jelasnya. 

Menurut tim Rico, pengeras suara itu diberikan oleh panitia dari KPU untuk masing-masing pendukung paslon.

3. Pencabutan nomor berlangsung lancar

Diketahui, tadi malam tiga Paslon mengambil undian nomor dan acara berjalan lancar. Paslon Rico Waas- Zakiyuddin Harahap mendapat nomor undian pertama. Sementara untuk Paslon Prof Ridha  Dharmajaya- Abdul Rani mendapat nomor undian dua. Terakhir, untuk paslon Hidayatullah-Yasir Ridho mendapat nomor undian tiga. 

"Hari ini tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, di mana KPU Kota Medan melaksanakan pengundian nomor urut dan juga penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota Medan dan Wakil Wali Kota Medan tahun 2024," kata Mutia.

"Dari pukul 20.00 WIB dimulai, hingga tadi 21.50 WIB ditetapkan pasangan calon nomor urutnya, yaitu nomor 1 pasangan calon Wali Kota Rico Waas-Zakiyuddin, pasangan urut nomor 2 yaitu pasangan calon wali kota dan wakil Waki kota Ridha-Rani, dan pasangan calon nomor urut 3 yaitu Hidayatullah-Yasir Ridho Lubis," tambahnya.

Ketiganya telah ditetapkan dalam surat keputusan KPU Kota Medan, dan telah diberikan kepada masing-masing pasangan calon surat keputusan tersebut.

Baca Juga: Pilkada Medan: Rico-Zaki Nomor 1, Ridha-Rani 2, Hidayatullah-Yasir 3

Berita Terkini Lainnya