Ratusan Mahasiswa Medan Ikut Seminar Safety Riding Honda

Mahasiswa merupakan agent of change

Spirit sinergi bagi negeri dalam upaya menciptakan budaya berkendara aman dan nyaman di wilayah Sumatera Utara kembali dikobarkan PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda dengan aksi kolaborasi guna melahirkan lebih banyak duta #cari_aman melalui seminar keselamatan berkendara (safety riding) yang berlangsung pada 19 September 2024.

Bersama dealer PT Indako Trading Coy Ngumban Surbakti, seminar Safety Riding bertemakan "Bangga Menjadi Generasi #cari_aman" yang berlangsung di Hall Utama Lantai 10 Universitas Prima Indonesia yang berlokasi di Jalan Sampul No.3 Medan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa yang antusias memperkaya wawasan tentang keselamatan bersama Honda.

Tidak tanggung, tercatat seluruh fakultas di Universitas Prima Indonesia ikut ambil bagian dalam seminar keselamatan berkendara ini, sebut saja Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer, Fakultas Agro Teknologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, dan Fakultas Psikologi.

1. Polisi ajarkan tata cara pengurusan SIM baru

Ratusan Mahasiswa Medan Ikut Seminar Safety Riding HondaIlustrasi safety riding (Dok. IDN Times)

Selain para instruktur safety riding terlatih PT Indako Trading Coy, seminar safety riding ini juga turut dihadiri oleh AKP. Jonni Silalahi selaku Kanit Audit & Inspeksi Ditlantas Polda Sumut beserta jajaran, dan Ricky Adi Utama selaku Kasubag Pelayanan PT. Jasa Raharja Sumatera Utara yang juga membagikan sosialisasi terkait pentingnya menjunjung tinggi kesadaran berlalu lintas yang tertib dan aman.

Pada kesempatan istimewa ini, pihak kepolisian menginformasikan tentang jumlah angka kecelakaan di wilayah hukum sumatera utara dan tata cara pengurusan SIM yang baru. Sedangkan dari pihak jasa raharja membagikan informasi tentang bagaimana masyarakat lebih memahami terkait proses santunan jasa bagi korban kecelakaan dari jasa raharja.

Antusiasme para mahasiswa Universitas Prima Indonesia juga tampak saat para instruktur safety riding membagikan pengetahuan tentang pentingnya penggunaan riding gear baik helm maupun jaket, kesadaran untuk mematuhi peraturan lalu lintas, memahami berbagai penyebab terjadinya kecelakaan seperti halnya yang sering terjadi yaitu melampaui batas kecepatan (over speed).

2. Mahasiswa dibekali kemampuan untuk memprediksi bahaya

Ratusan Mahasiswa Medan Ikut Seminar Safety Riding HondaSebanyak 37 duta keselamatan berkendara Astra Honda berkumpul di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas, Cikarang (Dok. IDN Times)

Sebagai bekal untuk melindungi keselamatan dengan budaya #cari_aman saat naik motor di jalan, para mahasiswa juga turut dibekali dengan kemampuan untuk memprediksi bahaya, postur tubuh yang baik saat berkendara, dan kemampuan menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya saat di jalan.

Dr. Said Rizal selaku Wakil Rektor 3 Universitas Prima Indonesia mengungkapkan, sangat mendukung dan menyambut baik atas kepedulian Honda untuk mengajak para mahasiswa ikut berperan aktif mengkampanyekan pentingnya keselamatan berkendara dengan tidak hanya menjadikan budaya berkendara untuk melindungi diri sendiri, namun menjadi inspirasi bagi para pengguna jalan lainnya.

3. Mahasiswa merupakan agent of change

Ratusan Mahasiswa Medan Ikut Seminar Safety Riding HondaRatusan Mahasiswa Medan Ikut Seminar Safety Riding Honda (Dok. IDN Times)

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan, sangat mengapresiasi semangat para mahasiswa Universitas Prima Indonesia untuk membekali diri dengan pengetahuan keselamatan berkendara.

Menurutnya potret semangat ini dapat membuka harapan untuk lahirnya para duta safety riding yang akan berkontribusi menyebarkan pesan #cari_aman kepada masyarakat luas.

Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, bahwa para mahasiswa merupakan agent of change yang sangat diharapkan dapat ikut memperkuat komitmen untuk melangkah bersama Honda mewujudkan impian terciptanya budaya berkendara aman dan nyaman menuju Sumatera Utara yang lebih baik.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya