Pesawat Perawatan, Keberangkatan Haji Kloter 2 Aceh Tertunda 11 Jam

Calon jemaah haji akhirnya diberangkatkan pukul 13.00 WIB

Banda Aceh, IDN Times - Keberangkatan calon jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 2 Embarkasi Aceh ke Madinah, Arab Saudi, terpaksa ditunda dari jadwal penerbangan yang telah ditetapkan. Hal itu dikarenakan pesawat yang digunakan para jemaah ke Tanah Suci mengalami kendala teknis.

Dikutip dari situs resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh dikatakan, Kloter 2 Embarkasi Aceh sebelumnya dijadwalkan akan berangkat pada Kamis (16/6/2022), sekitar pukul pukul 01.50 WIB.

Rombongan berangkat ke Banda Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, Arab Saudi, melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Aceh, menggunakan Garuda Indonesia Airways (GIA) nomor penerbangan GA2102.

1. Pesawat dikatakan sedang menjalani perawatan

Pesawat Perawatan, Keberangkatan Haji Kloter 2 Aceh Tertunda 11 JamANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Koordinator Humas dan Penerangan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Tajri mengatakan, hasil rapat dengan pihak Garuda Indonesia di Banda Aceh, yang dilakukan pada Rabu (15/6/2022) malam, pesawat dalam kondisi maintenance (perawatan).

“Hal tersebut juga senada disampaikan oleh GM Garuda Indonesia Banda Aceh bahwa pesawat sedang dalam maintanance,” kata Tajri, kepada awak media, pada Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Satu Calon Jemaah Haji Aceh Meninggal saat Penerbangan ke Tanah Suci

2. Kloter 2 akan diberangkatkan siang ini

Pesawat Perawatan, Keberangkatan Haji Kloter 2 Aceh Tertunda 11 JamSuasana di pelataran Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Meski sempat tertunda, namun keberangkatan pesawat calon jemaah haji Kloter 2 Embarkasi Aceh tetap akan dilaksanakan hari ini, pukul 13.00 WIB.

“Insyaallah akan fit to fly kembali di hari yang sama. Namun insyaallah jemaah Kloter 2 akan terbang pukul 13.00 WIB siang nanti,” ujar Tajri.

3. Penundaan berpengaruh terhadap keberangkatan kloter selanjutnya

Pesawat Perawatan, Keberangkatan Haji Kloter 2 Aceh Tertunda 11 JamIlustrasi jemaah haji Indonesia (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Penundaan jadwal penerbangan yang terjadi pada keberangkatan calon jemaah haji Kloter 2 diakui Tajri, berpengaruh terhadap kloter selanjutya. Calon jemaah haji Kloter 3 yang sebelumnya dijadwalkan berangkat, pada Jumat (17/6/2022) pukul 00.10 WIB, bergeser.

“Kloter tiga sedikit bergeser jadi pukul 09.25 WIB,” kata Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Embarkasi Aceh.

4. Sekilas tentang calon jemaah haji Kloter 2

Pesawat Perawatan, Keberangkatan Haji Kloter 2 Aceh Tertunda 11 JamCalon Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Aceh tiba di Asrama Haji Banda Aceh, di Kota Banda Aceh. (Foto: Istimewa)

Dikutip dari situs resmi Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, jumlah calon jemaah haji Kloter 2 beserta petugas diisi 391 orang. Masing-masing berasal dari Kabupaten Bireuen 117 orang, Kota Banda Aceh 70 orang, dan Kabupaten Aceh Tengah 58 orang.

Selanjutnya, dari Kabupaten Aceh Tenggara 57 orang, Kabupaten Bener Meriah 55 orang dan Kabupaten Gayo Lues 29 orang. Ditambah empat petugas PPIH Embarkasi Aceh dan satu orang Pemandu Haji Daerah (PHD).

Baca Juga: Bupati Diminta Usulkan SPBU Satu Harga ke Menteri ESDM di Pulo Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya