Mau Dirujuk ke Rumah Sakit, ODGJ Malah Bawa Kabur Ambulans

Sempat datangi koramil minta diantar pulang

Aceh Tengah, IDN Times - Seorang pria yang diduga pasien orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) melarikan satu unit mobil ambulans milik Puskesmas Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Rabu (6/9/2023).

“Benar kronologis kejadiannya sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bintang, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Kariya, saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (7/9/2023).

1. Mendatangi Koramil 04 Bintang minta diantar ke Blangkejeren

Mau Dirujuk ke Rumah Sakit, ODGJ Malah Bawa Kabur AmbulansHasil jepretan foto Rudi Waisnawa tentang kondisi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung. (Dok.IDN Times/Rudi Waisnawa)

Adapun kronologi kejadian diceritakan Kariya, berawal saat pasien berinisial Ja (34), kelahiran Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, mendatangi Koramil 04 Bintang dengan mengendarai sepeda motor matik, Rabu, sekitar pukul 20.30 WIB.

Ketika itu, pasien tanpa identitas yang datang dari arah Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, tersebut meminta ke petugas piket koramil untuk mengantarkan pulang ke Blangkejeren. Ja beralasan tidak berani pulang sendiri.

Petugas piket sempat curiga melihat gerak-gerik Ja. Selain itu, ketika diajak berkomunikasi, Ja dikatakan Kariya, tidak menyambung atau melantur. Personel Koramil 04 Bintang kemudian berkoordinasi dengan kepolisian sektor (polsek) setempat dengan membawa Ja.

“Sesampainya di Polsek Bintang, personel sempat mencoba mengajak berkomunikasi, namun komunikasi tidak dapat dilakukan dan yang bersangkutan memaksakan diri untuk berangkat pulang,” ujar Kariya.

Baca Juga: BKSDA Aceh Evakuasi Anak Orangutan dari Kebun Warga Subulussalam

2. Membawa kabur ambulans saat hendak dirujuk ke rumah sakit

Mau Dirujuk ke Rumah Sakit, ODGJ Malah Bawa Kabur AmbulansIlustrasi ambulans (Pixabay)

Personel polsek dikatakan Kariya, kemudian tidak mengizinkan Ja untuk pulang ke Blangkejeren sendiri. Dikhawatirkan terjadi hal tidak diinginkan terhadap pria berusia 34 tahun itu, petugas lalu menghubungi pihak Puskesmas Kecamatan Bintang untuk menjemput dan memeriksa kesehatan.

Usai menjalani pemeriksaan di Puskesmas Bintang, Ja rencananya akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Beru di Takengon untuk penanganan lebih intensif. Sebab, hanya di rumah sakit tersebut yang bisa menangani dan memiliki fasilitas pasien ODGJ.

Ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit tepatnya di kawasan Gampong Mendale, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Ja dikatakan mengamuk dan melakukan perlawanan sehingga petugas puskesmas tidak bisa mengamankan.

“Selanjutnya merampas dan membawa lari mobil dinas ambulans,” ungkap Kariya.

3. Ambulans sudah kembali ke Puskesmas Kecamatan Bintang

Mau Dirujuk ke Rumah Sakit, ODGJ Malah Bawa Kabur AmbulansAmbulans Pengangkut Jenazah Brigadir J dari rumah dinas Ferdy Sambo. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kariya menyampaikan, ambulans jenis APV dengan plat polisi BL 9072 GB dan Ja baru bisa diamankan setelah dibantu personel dari Polsek Linge, Kamis (7/9/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Mobil itu lalu dikembalikan ke Puskesmas Bintang.

Sementara itu, pihak keluarga yang dihubungi Polsek Binatang membenarkan bila Ja mengalami gangguan jiwa. Pihak keluarga dan polsek juga sudah bermusyawarah untuk membawa pria berusia 34 tahun itu ke RSUD Datu Beru.

“Sore tadi keluarga sudah datang dari Blangkejeren membawa surat rujukan bahwa yang bersangkutan ODGJ ke RSUD Datu Beru Takengon,” tutup Kapolsek Bintang itu.

Baca Juga: Polisi Terima 2 Senpi Sisa Konflik Aceh, Selama Ini Disimpan di Hutan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya