Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Mulai Meningkat Libur Nataru

Prediksi lonjakan terjadi saat akhir tahun

Banda Aceh, IDN Times - Jumlah penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, ke Pelabuhan Balohan, Kota Sabang, mulai meningkat menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Belum ada lonjakan tinggi, namun sudah ada terlihat meningkat sejak Hari Jumat,” kata Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, Muhammad Rikhwan Siregar, saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (24/12/2023) malam.

1. Hari Sabtu jumlah penumpang tembus hingga 2.300-an orang

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Mulai Meningkat Libur NataruIlustrasi Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Rikhwan menyampaikan jumlah penumpang yang berangkat pada Selasa (19/12/2023) 1.152 orang, Rabu (20/12/2023) 1.253 orang, Kamis (21/12/2023) 1.366 orang, Jumat (22/12/2023) 1.516 orang, Sabtu (23/12/2023) 2.423 orang, dan Minggu (24/12/2023) 2.387 orang.

“Sabtu mulai ada peningkatan lebih 1.000 orang. Penumpang yang berangkat pada Sabtu kemarin ada 2.423 orang,” ujarnya.

“Itu baru ada tampak lonjakan sehingga tambah trip,” imbuhnya.

2. Penambahan jadwal keberangkatan kapal

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Mulai Meningkat Libur NataruIlustrasi Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Aceh. (Dokumentasi Akram untuk IDN Times)

Rikhwan mengatakan pihaknya menambah jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Ulee Lheue untuk kapal cepat maupun lambat dalam mencegah terjadinya penumpukan penumpang. Kapal yang biasanya berangkat dalam tiga trip, menjadi 4-5 trip.

“Jumat menjadi empat trip, sedangkan Sabtu dan Minggu menjadi lima trip,” kata Koordinator Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue itu.

Baca Juga: Seorang Kakek di Aceh Timur Bakar Kantor Dinkes dan Dinsos

3. Lonjakan penumpang diprediksi akan kembali terjadi saat akhir tahun

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Mulai Meningkat Libur NataruSusana Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Meski sempat terjadi peningkatan penumpang yang akan menyeberang, namun pihak pelabuhan memperkirakan kondisi akan kembali landai mulai Selasa (26/12/2023). Akan tetapi, lonjakan akan kembali terjadi saat mendekati pergantian tahun.

“Selasa, Rabu, dan Kamis, mungkin turun. Jumat mungkin naik lagi,” jelas Rikhwan.

4. Menyediakan parkir di luar pelabuhan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue Mulai Meningkat Libur NataruKondisi di luar Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh. (Dokumentasi Humas Dinas Perhubungan Provinsi Aceh untuk IDN Times)

Pihak Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak lain untuk lokasi parkir kendaraan. Langkah ini diambil guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang menjelang akhir tahun.

Sehubungan dengan itu, Rikhwan menyarankan kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Kota Sabang untuk berwisata agar memperhatikan seluruh persiapan sebelum berangkat.

“Kalau mau naik kendaraan disiapkan untuk antre, kalau mau naik kapal cepat disiapkan. Dibuat skedul keberangkatan sehingga nanti akan aman dan lancar liburan,” pungkasnya.

Baca Juga: Besok SBY dan AHY Berkunjung ke Aceh, Turut Peringati 19 Tahun Tsunami

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya