ASN Banda Aceh Diminta Hentikan Seluruh Kegiatan saat Azan

Bakri Siddiq: Rapat bisa dilanjutkan setelah salat

Banda Aceh, IDN Times - Penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, meminta dan memerintahkan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk menghentikan semua aktivitas di kantor pemerintahan saat azan berkumandang.

“Jangan pas rapat, saat azan kita berhenti sejenak, lalu lanjut lagi setelah azan. Rapat bisa dilanjutkan setelah kita melaksanakan salat berjamaah,” kata Siddiq, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Selasa (19/7/2022).

Pernyataan itu disampaikan penjabat yang baru dilantik pada 7 Juli 2022 tersebut ketika memimpin apel gabungan seluruh ASN Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh perdana, di halaman balai kota, pada Senin (18/7/2022).

Baca Juga: Polisi Memburu Pelaku Begal Payudara di Medan

1. SKPK, keuchik, dan seluruh ASN diminta mengikuti safari Subuh akhir pekan

ASN Banda Aceh Diminta Hentikan Seluruh Kegiatan saat AzanSalat Idul Adha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Mantan Kabiro Perencanaan dan Kerja Sama BNPP itu juga menyampaikan sejumlah program prioritas dan kebijakan pembangunan 2022-2023, di antaranya penegakan syariat Islam, reformasi birokrasi, pemberdayaan ekonomi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Terkait dengan implementasi pelaksanaan syariat Islami, Pj wali kota meminta Satuan Kerja Pemerintah Kota (SKPK), camat, keuchik atau kepala desa, dan seluruh ASN untuk mengikuti safari subuh setiap Sabtu dan Minggu yang diinisiasinya.

“Mari kita makmurkan 100 lebih masjid yang ada di Banda Aceh dengan salat subuh berjamaah,” ujarnya.

2. Pj wali kota singgung terkait COVID-19 hingga PAD Kota Banda Aceh

ASN Banda Aceh Diminta Hentikan Seluruh Kegiatan saat AzanPenjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, memimpin apel perdana. (Dokumentasi Humas Pemko Banda Aceh untuk IDN Times)

Pandemi COVID-19 diakui Siddiq, telah menyebabkan kemerosotan ekonomi di segala sektor dalam Kota Banda Aceh. Sehingga, ia menegaskan, untuk kembali mewaspadai wabah tersebut, sebab dalam beberapa hari terakhir COVID-19 mulai terjadi lagi.

“Info yang saya dapat, di Banda Aceh lima yang positif. Untuk itu, kita harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan,” ujarnya.

Tak hanya itu, penjabat wali kota ini menyinggung soal pendapatan asli daerah (PAD) Kota Banda Aceh yang belum mencapai target. Pencapaian tersebut berpengaruh pada kemampuan keuangan daerah, salah satunya pembayaran tunjangan pegawai yang masih tertunda.

“Ini akan kita realisasikan bila perekonomian pulih dan Banda Aceh keluar dari ancaman resesi pasca pandemi,” tambah Siddiq.

3. Berharap ASN tetap bekerja keras dan disiplin

ASN Banda Aceh Diminta Hentikan Seluruh Kegiatan saat AzanPenjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, memimpin apel perdana. (Dokumentasi Humas Pemko Banda Aceh untuk IDN Times)

Siddiq mengatakan, ASN dituntut tetap bekerja keras dan inovatif demi kepentingan masyarakat, meski tunjangan pegawai masih tertunda. Terkait tambahan penghasilan pegawai (TPP) dan honor perangkat gampong, akan coba direalisasikan dalam waktu dekat.

“Insyaallah. Dalam minggu pertama bulan Agustus depan dapat direalisasikan,” kata Bakri.

Terakhir, ia menginstruksikan ASN untuk meningkatkan kedisiplinan dan fokus ke arah kebijakan pembangunan 2022-2023. “Semua ASN harus disiplin, masuk kantor jam 8 pagi. Tolong ini diawasi pak sekda, agar dengan suasana pagi kita bisa berpikir lebih positif dan berkerja lebih kreatif,” ujarnya.

Baca Juga: Sah! Bakri Siddiq Jabat Pj Wali Kota Banda Aceh Gantikan Aminullah

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya