Sah! Bakri Siddiq Jabat Pj Wali Kota Banda Aceh Gantikan Aminullah

Akan memimpin Kota Banda Aceh hingga setahun ke depan

Banda Aceh, IDN Times - Bakri Siddiq sah menduduki jabatan penjabat (Pj) Wali Kota Banda Aceh usai dilantik Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, pada Kamis (7/7/2022). Pengambilan sumpah, pelantikan, sekaligus serah terima jabatan digelar di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh.

“Kami Penjabat Gubernur Aceh atas nama presiden dengan resmi melantik saudara Bakri Siddiq SE MSi, sebagai penjabat wali Kota Banda Aceh sesuai keputusan menteri dalam negeri,” kata Achmad Marzuki saat membacakan petikan naskah pelantikan.

Hadir dalam pelantikan tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Aceh, para asisten Sekda dan staf ahli gubernur, kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) serta kepala Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Aceh.

1. Pj wali kota diharapkan mampu menjalankan pemerintah yang pro masyarakat

Sah! Bakri Siddiq Jabat Pj Wali Kota Banda Aceh Gantikan AminullahPj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki melantik Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq. (Dokumentasi Husaini Dani untuk IDN Times)

Achmad Marzuki menyampaikan, dirinya percaya Bakri Siddiq akan mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang telah diberikan oleh presiden. Apalagi penunjukan Bakri Siddiq telah dilakukan melalui evaluasi yang matang.

Bakri Siddiq, kata Achmad Marzuki, ditunjuk sebagai Pj wali Kota Banda Aceh karena dianggap mampu memimpin birokrasi. Saat ini ia menjabat Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

“Buktikan saudara pemimpin bijak dan siap menjalankan program yang berpihak kepada masyarakat dan demi kemajuan kota ini,” kata Marzuki.

Baca Juga: Mayjen TNI Purn Achmad Marzuki Resmi Jabat Pj Gubernur Aceh

2. Membangun hubungan dengan berbagai pihak untuk kemajuan Kota Banda Aceh

Sah! Bakri Siddiq Jabat Pj Wali Kota Banda Aceh Gantikan AminullahPj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki melantik Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq. (Dokumentasi Husaini Dani untuk IDN Times)

Pj gubernur Aceh berharap, Bakri Siddiq bisa membangun komunikasi yang intensif dengan Pemerintah Aceh agar semua pembangunan tersinergi dengan baik. Achmad juga berpesan agar Pj wali kota berkoordinasi demi pembangunan daerah dengan semua pemangku kepentingan di Banda Aceh.

“Seperti pimpinan dan anggota anggota DPRK, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh ulama,” pesan Marzuki.

“Perkuat juga sumber daya manusia di Banda Aceh agar semakin unggul dan inovatif,” imbuhnya.

3. Sampaikan terima kasih kepada Aminullah dan Zainal Arifin

Sah! Bakri Siddiq Jabat Pj Wali Kota Banda Aceh Gantikan AminullahWali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman (IDN Times/Humas Pemkot Banda Aceh)

Telah diambilnya sumpah, pelantikan, sekaligus serah terima jabatan, menandakan bahwa ke depan posisi orang nomor satu di Kota Banda Aceh akan dipegang oleh Bakri Siddiq selaku Pj wali kota.

Di sisi lain, pelaksanaan tersebut juga menjadi bukti telah berakhirnya masa jabatan Aminullah Usman sebagai wali kota dan Zainal Airifin sabagai wakil wali Kota Banda Aceh yang telah memimpin selama 2017-2022.

Sehubungan dengan itu, Pj gubernur Aceh menyampaikan terima kasih kepada Aminullah Usman dan Zainal Arifin, telah mengabdikan diri selama lima tahun memimpin Banda Aceh.

“Mereka diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Banda Aceh di masa yang akan datang,” ucapnya.

Baca Juga: Ini 5 Pesan Penting Mendagri Tito untuk Pj Gubernur Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya