Kejar-kejaran Bak Film Action, Buron Perampok di Riau Tewas Ditembak 

Anggota polisi dan warga ditabrak Rusmin

Pekanbaru, IDN Times - Pelarian Rusmin Mario berakhir sudah. Pria 39 tahun itu, tewas di tempat setelah berusaha kabur dari kejaran tim Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Petugas akhirnya melepaskan tembakan terukur yang mengenai badan kanan RM (Rusmin Mario) dan tembus ke badan kirinya," ucap Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana Putra, Sabtu (25/5/2024) malam.

Dikatakannya, Rusmin merupakan buronan pihaknya. Rusmin adalah pelaku spesialis pencurian dengan pemberatan (Curat) yang sudah beraksi beberapa kali di Kota Pekanbaru. Rusmin juga merupakan seorang residivis dalam kasus pencurian. Dia sudah menjadi buronan pihak kepolisian sejak dua tahun lalu.

"Jadi dia ini TO (target operasi). Jumat (24/5/2024) malam, dia mau disergap oleh tim dilapangan di daerah (Kecamatan) Sukajadi. Tapi dia memilih kabur menggunakan mobil," kata Kompol Bery.

Kini, jasad Rusmin Mario telah berada di RS Bhayangkara. 

1. Seorang polisi dan warga menjadi korban

Kejar-kejaran Bak Film Action, Buron Perampok di Riau Tewas Ditembak Sebuah motor milik warga menyangkut dibagian belakang mobil yang dikemudikan Rusmin saat dikejar oleh pihak kepolisian (IDN Times/ dok polresta pekanbaru)

Diterangkan Kompol Bery, saat Rusmin kabur menggunakan mobil, terjadi aksi kejar-kejaran dengan pihak kepolisian bak film action. Bahkan, mobil yang digunakan pihak kepolisian untuk menyergap, ditabrak oleh Rusmin. Tidak sampai di situ, salah seorang anggota polisi dan seorang warga, juga ditabrak oleh Rusmin.

"Mobil anggota rusak di bagian depan. Kemudian anggota juga ditabraknya. Lalu seorang warga yang sedang mengendara sepeda motor juga ditabraknya. Bahkan sepeda motor warga itu nyangkut di belakang mobil yang dikemudikan RM ini dan terseret beberapa meter," terangnya.

2. Tembakan peringatan tak dihiraukan, polisi tembak ban mobil dan kearah pelaku

Kejar-kejaran Bak Film Action, Buron Perampok di Riau Tewas Ditembak Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana saat memperlihatkan kondisi mobil yang digunakan Rusmin untuk kabur (IDN Times/ Fanny Rizano)

Lebih lanjut dikatakan Kompol Bery, usaha pelarian Rusmin akhirnya terhenti di Jalan Jendral Sudirman. Dijalan tersebut, pihak kepolisian melepaskan tembakan peringatan. Namun, Rusmin belum juga menyerah.

"Setelah tembakan peringatan tidak dihiraukannya, anggota menembak ban belakang sebelah kanan mobil yang dikemudikan RM, tapi yang bersangkutan masih berusaha kabur," lanjut Kompol Bery.

Dikarenakan semakin membahayakan pengguna jalan pada malam itu, pihak kepolisian akhirnya pihak kepolisian melepaskan tembakan ke arah Rusmin.

"Sudah diperingatkan tapi dihiraukannya. Tim juga sudah coba menghentikan laju mobil yang dikemudikannya, tapi masih berusaha kabur. Akhirnya tim mengambil tindakan tegas dan terukur (menembak kearah Rusmin Mario)," jelas Kompol Bery.

3. Temukan sejumlah barang bukti, diantaranya uang jutaan rupiah dan Narkoba

Kejar-kejaran Bak Film Action, Buron Perampok di Riau Tewas Ditembak Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Bery Juana saat memperlihatkan sejumlah barang bukti yang ditemukan dari dalam mobil Rusmin (IDN Times/ Fanny Rizano)

Ditambahkannya, dari dalam mobil yang dikemudikan Rusmin, pihaknya menemukan sejumlah barang bukti. Diantaranya uang sebanyak kurang lebih Rp6 juta dan dua paket Narkoba jenis sabu.

"Uang dan sabu ditemukan dari kantong celana RM. Barang bukti lainnya ada sebo, linggis, rokok, tas dan handphone," tambahnya.

Baca Juga: Kapal Pengangkut 16 Ton Beras Bulog Kandas di Perairan Riau

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya