Menpora Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur PON Aceh-Sumut

Jangan sampai sarana olahraga yang dibangun terbengkalai

Banda Aceh, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali akan mendorong kementerian terkait untuk mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

“Kita akan mendorong kementerian terkait khususnya yang menangani infrastruktur yakni Kementerian PUPR agar sarana dan prasarana dapat segera dibangun,” kata Menpora Zainudin Amali di Banda Aceh seperti dilansir ANTARA, Rabu (23/2/2022). 

Di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Aceh, ia menjelaskan untuk pembangunan infrastruktur kewenangan ada di Kementerian PUPR. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan berada di bawah Kemenpora.

“Intinya kita berkomitmen untuk mendukung dan menyukseskan PON Aceh-Sumut. Saya akan mendorong kementerian terkait untuk memberikan perhatian untuk Aceh,” katanya.

Baca Juga: Menyimpang dari IMB, Pemko Medan Bongkar Paksa Bangunan Rumah Mewah

1. Perencanaan harus matang

Menpora Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur PON Aceh-SumutMenteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali saat jumpa pers Soprema. Dok: istimewajumpa pers Soprema. Dok: istimewa

Ia mengatakan untuk pembangunan infrastruktur pendukung PON Aceh-Sumut, pihaknya juga akan menggelar pertemuan bersama.

Saat kunjungan kerja mendampingi Komisi X DPR dalam rangka reses masa persidangan 3 tahun sidang 2021-2022 di Banda Aceh yang dipimpin Wakil Ketua Komisi Abdul Fikri Faqih itu, Menpora juga meminta Pemerintah Aceh agar pembangunan fasilitas olahraga dapat terintegrasi sehingga bisa gunakan secara berkelanjutan.

“Artinya, perencanaannya harus direncanakan secara matang sehingga pembangunan sarana olahraga ini benar-benar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan memberikan dampak ekonomi lainnya,” katanya.

2. Jangan sampai sarana olahraga yang dibangun terbengkalai dan membebani anggaran pemerintah daerah

Menpora Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur PON Aceh-SumutGubernur Sumut Edy Rahmayadi bersilaturahmi dengan kontingen PON Sumut, Selasa (24/8/2021). (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurut dia, jangan sampai sarana olahraga yang dibangun terbengkalai dan pada akhirnya membebani anggaran pemerintah daerah untuk merawat fasilitas yang ada.

Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih menyatakan pihaknya berkomitmen mendukung dan mengawal pembangunan infrastruktur dan pelaksanaan PON Aceh-Sumut 2024 ke kementerian terkait.

“Kita akan terus mengawalnya dan kami sangat yakin PON Aceh-Sumut akan berjalan sukses,” kata Abdul Fikri.

3. Berikut daftar Cabor yang dipertandingkan di Aceh dan di Sumut

Menpora Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur PON Aceh-SumutPelari Sumut Agustina Mardika Manik bersama sang suami Asmara Bara (Jawa Barat) usai memenangkan lari 1.500 meter putri PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Senin (11/10/2021). (Dok.PB PON XX Papua / Rommy Pujianto)

KONI Aceh dan KONI Sumatera Utara menyepakati 65 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Kesepakatan itu sebagaimana dibahas dalam rapat evaluasi Cabor beberapa waktu lalu di Medan.

Berikut daftar Cabor yang dipertandingkan di Aceh dan di Sumut:

Aceh

Aerosport
Anggar
Arung Jeram
Angkat Berat
Angkat Besi
Binaraga
Berkuda
Bola Basket
Bridge
Bola Tangan
Dayung
Golf
Judo
Kempo
Layar
Menembak
Muaythai
Panjat Tebing
Panahan
Rugby
Softball dan Baseball
Selam
Sepak Takraw
Sepak Bola
Sepatu Roda
Soft Tenis
Tarung Derajat
Tenis Lapangan
Woodball
Kurash
Hapkido
Triathlon

Sumut

Akuatik
Atletik
Balap Sepeda
Bulu Tangkis
Balap Motor
Billiar
Bola Voli
Bowling
Barongsai
Catur
Criket
Drumband
Gulat
Hockey
Karate
Kabaddi
Pencak Silat
Petanque
Senam
Ski Air
Squash
Taekwondo
Tenis Meja
Tinju
Wushu
Futsal
Gateball
Sambo
Kick Boxing
Ju Jitsu
Dance Sport
Berkuda (Dispilin Equistria)

Baca Juga: Penyidikan Bupati Langkat Nonaktif Berlanjut, KPK Panggil Dua Saksi

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya