Comscore Tracker

HIPMI Medan: Pengusaha Harus Saling Menguatkan di Masa Pandemik

Kepengurusan HIPMI Medan 2021-2023 dikukuhkan

Medan, IDN Times - Pandemik COVID-19 tak dipungkiri memukul sektor ekonomi. Termasuk para pengusaha juga terkena dampak. Bahkan gak sedikit yang akhirnya gulung tikar karena merugi.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (H) Medan Palacheta Subies Subianto  mengatakan kondisi ini membuat pengusaha harus saling menguatkan. Seperti yang dilakukan dirinya dan rekan-rekan pengusaha di HIPMI Medan.

"Saat pandemik ini kita saling manguatkan bersama. Sharing knowledge. Kita tidak berpikir ekspansi dulu. Tapi menggelar seminar-seminar pendidikan. Mungkin tiap bulan kita bisa kunjungan kerja ke daerah-derah. HIPMI kan ada banyak di daerah," kata Palacheta usai pelantikan HIPMI Medan periode 2021-2023 di Ballroom Focal Point Mall, Rabu (27/1/2021).

1. Pengusaha bisa saling belajar satu sama lain

HIPMI Medan: Pengusaha Harus Saling Menguatkan di Masa PandemikKetua HIPMI Medan Palacheta (Dok.IDN Times/istimewa)

Menurutnya para pengusaha bisa saling belajar satu sama lain. Sehingga bisa jeli melihat peluang-peluang yang sebenarnya masih terbuka meski dipukul pandemik.

"Misalnya pengusaha sarang burung bagaimana dia bisa membudidayakan. Selain itu juga workshop, bagaimana anggota kita yang punya hotel sharing untuk pembiayaan, untung,dan sebagainya," beber Palacheta.

Palacheta juga berpesan kepada para pengusaha untuk bersatu. "Para pengusaha harus bersama-sama untuk membangun kota Medan. Selain itu kita harus taat pajak. Menerapkan prokes di masa pandemik ini, kalau kita sakit ekonomi kita mati," katanya.

Baca Juga: Grab Akan Latih dan Dampingi Ratusan UMKM dari Kelompok Terpinggirkan

2. Akan rangkul lebih banyak pengusaha dalam HIPMI Medan

HIPMI Medan: Pengusaha Harus Saling Menguatkan di Masa PandemikKetua HIPMI Medan Palacheta saat dilantik (Dok.IDN Times/istimewa)

Di kepengurusan nanti, Palacheta didampingi Saiful Burhan sebagai Sekretaris dan Alfian Linux (Bendahara) dan ada banyak pengusaha-pengusaha muda lain yang ingin membesarkan HIPMI Medan. Palacheta mengatakan di kepengurusan baru ini HIPMI Medan akan berusaha merangkul lebih banyak pengusaha. Apalagi semakin banyak pengusaha muda yang bergabung.

"HIPMI harus berbuat baik kepada sesama. Saya akan mengedepankan humanisme dalam mengembangkan organisasi. Saya berharap kita mengayomi adik-adik kita," tambahnya.

Selain menambah kuantitas, juga tak lupa dibarengi dengan peningkatan kualitas. "Kita mau menambah member. Semoga bisa menarik seribu anggota untuk periode ini. Kita juga ingin meningkatkan SDM pengusaha. Kita juga akan mendukung program pemerintah kepada pengusaha," bebernya.

3. HIPMI Medan diharapkan dapat berkontribusi untuk Indonesia

HIPMI Medan: Pengusaha Harus Saling Menguatkan di Masa PandemikKetua HIPMI Medan Palacheta (Dok.IDN Times/istimewa)

Kepengurusan baru HIPMI Medan juga mendapat apresiasi dari Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Lewat video yang dikirimkannya, Jerry berharap HIPMI bisa memberikan kontribusi untuk Indonesia.

"Kita harapkan HIPMI Medan nantinya bisa memberikan kontribusi signifikan untuk Indonesia dari pengusaha," kata Jerry.

Sementara Wakil Ketua HIPMI Sumut Benny Indra Batubara berharap kepengurusan HIPMI Medan bisa aktif dan berkontribusi di bawah kepengurusan. "Kita harapkan di bawah bang Palacheta ini bisa semakin meningkatkan eksistensi HIPMI," tambahnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Vauzantyo Yusfi mengaku bersyukur pelantikan dapat digelar dengan lancar. Dia juga mengapresiasi para tamu yang menerapkan prokes.

"Kami memang menjalankannya dengan protokol kesehatan ketat. Syukurnya tadi semua disiplin memakai masker," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Sinyal Ketum Hipmi Jadi Menteri Kabinet Kerja

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya