TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kementan dan KSP Pastikan Stok Pupuk Subsidi di Aceh Besar

Pupuk subsidi rawan diselewengkan

Kementerian Pertanian didampingi KSP tinjau pupuk di Aceh Besar (Dok.IDN Times/istimewa)

Aceh Besar, IDN Times- Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan ketersediaan pupuk subsidi di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Dalam kunjungan lapangan bersama Deputi III Kantor Staf Presiden (KSP), Panutan S Sulendrakusuma, dan Tenaga Ahli Utama Deputi III KSP, Prof. Bustanul Arifin, Kementan mengecek langsung stok pupuk subsidi hingga ke tingkat agen.

"Kita cek stok pupuk subsidi, dan lihat ketersediaannya di agen penyalur sesuai dengan alokasinya," kata Direktur Pupuk dan Pestisida, Mohammad Hatta, ketika meninjau agen pupuk subsidi di Kecamatan Blang Bintang, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Pupuk Indonesia Teken MoU Gas Pabrik Pupuk dan Petrokimia di Papua Barat

1. Pupuk subsidi dipastikan harus sampai ke petani yang berhak

Ilustrasi penyaluran pupuk subsidi. (Dok. PT Pupuk Indonesia)

Kunjungan ke lapangan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian untuk mengawal penyaluran pupuk subsidi tepat sasaran. Terutama untuk meminimalisasi penyelewengan di lapangan.

"Kita pastikan pupuk subsidi itu bisa tersalurkan kepada petani yang berhak. Inilah yang harus diawasi bersama," kata Mohammad Hatta.

2. Pupuk subsidi komoditas yang rawan disalahgunakan

Ilustrasi pupuk subsidi. (Dok. Kementan)

Seperti diketahui, pupuk subsidi merupakan salah satu komoditas yang rawan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Alhasil ini merugikan petani yang seharusnya menjadi penerima utama.

Seperti kasus penyelewengan pupuk subsidi yang telah berhasil dibongkar oleh jajaran Polres Nganjuk, Jawa Timur. Total barang bukti yang diamankan sebanyak 111,5 ton pupuk bersubsidi dengan berbagai jenis.

 

Baca Juga: Petani Millennial asal Karo Kembangkan Pupuk Organik Cair

Berita Terkini Lainnya