TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Fakta Unik Danau Toba yang Jarang Diketahui

Danau Toba memang menyimpan sejuta keindahan

pixabay.com/rubensukatendel

Sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba juga dinobatkan sebagai danau kaldera terbesar di dunia.

Danau yang memiliki hamparan berwarna biru dan terlihat seperti lautan tersebut, memiliki luas yang mencakup hingga 8 Kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Utara yakni Karo, Simalungun, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat dan Dairi.

Namun ada 3 fakta unik tentang Danau Toba yang jarang diketahui banyak orang. Apa saja itu, yuk simak:

1. Memiliki 9 pulau di sekitarnya

pixabay.com/Jhnndy

Sebagaimana kita ketahui bersama, Danau Toba memiliki pulau yang sangat terkenal yakni Pulau Samosir. Namun ternyata tidak hanya Pulau Samosir, Danau Toba juga memiliki 8 pulau lain yang perlu kamu ketahui.

Kedelapan Pulau tersebut yakni Pulau Sibandang (berada di wilayah Kab. Taput), Pulau Tao atau Malau, Pulau Tulas dan Pulau Tolping (Kab. Samosir), Pulau Simamora dan Pulau Sitakke-takke (Kab. Humbang Hasundutan), Pulau Sirukkongon (Kab. Toba) dan Pulau Hole (Kab. Simalungun).

2. Memiliki 4 habitat ikan endemik

pixabay.com/rubensukatendel

Danau Toba memiliki beberapa ikan endemik yang khas dan tidak ada di tempat lain. Salah satu ikan endemik khas Danau Toba yang terkenal adalah Ikan Batak dan Ikan Pora-pora.

Ikan Batak sering dijadikan Arsik (makanan khas Batak) dan untuk ikan pora-pora digoreng dan menjadi makanan makanan khas masyarakat Parapat.

Selain ikan tersebut, masih ada beberapa ikan endemik Danau Toba lainnya yakni Ikan Wader yang sering dijadikan sebagai lauk dan Ikan Selusur Maninjau yang sering ditangkap untuk dijadikan konsumsi dan ikan hias.

Writer

wahyu sukma

Penulis lepas di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, ilmu Psikologi dan Hukum.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya