Uji Coba Jelang 12 Besar, PSMS Hajar Klub Liga 3 Ratu FC 4-1

Agar merasakan lagi situasi pertandingan

Medan, IDN Times- PSMS Medan mempersiapkan diri untuk menghadapi 12 besar Liga 2 dengan beruji coba dengan klub Liga 3 Ratu FC di Stadion Baharoeddin Siregar, Lubukpakam, Deli Serdang, Sabtu (30/12/2023). Hasilnya pasukan Miftahudin Mukson menang telak 4-1. 

Gol-gol kemenangan PSMS diciptakan Rachmad Hidayat menit ke-29 dari penalti, Aziz Hutagalung menit ke-36, Eduardus menit ke-57, dan ditutup Assanur Rijal 'Torres" menit ke-79 dari penalti.

Pelatih PSMS Miftahudin Mukson mengatakan, uji coba digelar setelah rehat 2 pekan agar pemain tidak kehilangan atmosfer pertandingan terlalu lama. Seperti diketahui terakhir PSMS bertanding pada 17 Desember 2023 lalu. 

"Target hari ini adalah bagaimana saya mengembalikan feel (rasa) pemain di situasi pertandingan. Saya tidak melihat hasil, saya tidak melihat lawan, yang penting bagi saya adalah bagaimana pemain saya merasakan lagi bagaimana situasi pertandingan," ujar Miftahudin.

1. Miftahudin mengatakan PSMS mendapat pressure cukup baik dari Ratu FC

Uji Coba Jelang 12 Besar, PSMS Hajar Klub Liga 3 Ratu FC 4-1Duel PSMS kontra Ratu FC di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Sabtu (30/12/2023) (Dok.PSMS)

Tidak seperti internal game, Miftahudin menyebut laga ujicoba kontra tim lain membuat pemain memiliki respons berbeda, respons yang diharapkan akan dilakukan saat pertandingan sebenarnya.

"Saya bisa saja buat internal game tapi pasti akan berbeda respons-nya, pasti berbeda respons pada saat ada lawan," ucapnya.

Miftah juga memuji performa lawan yang menurutnya cukup memberikan tekanan. 

"Ya dia (Ratu FC) memang Liga 3 tapi lumayan lah, dan kalau dia lolos delapan besar, itu wajar," kata mantan pelatih interim Borneo FC itu.

 

Baca Juga: Rachmad Hidayat Sebut PSMS Main Lebih Lepas di 12 Besar Liga 2

2. Turunkan dua komposisi berbeda

Uji Coba Jelang 12 Besar, PSMS Hajar Klub Liga 3 Ratu FC 4-1Duel PSMS kontra Ratu FC di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Sabtu (30/12/2023) (Dok.PSMS)

Miftahudin pada pertandingan tersebut terlihat sengaja menurunkan tim berbeda pada babak pertama dan di babak kedua. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar semua pemain bisa merasakan pertandingan.

"Biar semua pemain merasakan situasi pertandingan yang sempat jauh. Sebenarnya
Ada target kemarin kita sebelum ujicoba ada program yang sudah kita buat. Kita mau ujicoba supaya semua pemain yang belum pernah dapat menit bermain bisa dapat menit bermain. Tap terkendala cuaca, situasi hujan segala macam," kata pelatih yang baru menjalani ujian lisensi A Pro.

3. Ratu FC memersiapkan diri menghadapi 8 besar Liga 3

Uji Coba Jelang 12 Besar, PSMS Hajar Klub Liga 3 Ratu FC 4-1Duel PSMS kontra Ratu FC di Stadion Baharoeddin Siregar Lubukpakam, Sabtu (30/12/2023) (Dok.PSMS)

Pelatih Ratu FC, Dosman Sagala mengatakan mereka juga sedang mempersiapkan diri menghadapi 8 besar. Menurutnya jadi sebuah hal positif bisa beruji coba menghadap PSMS.

"Saya alhamdulillah bisa dapat lawan kayak dia (PSMS) ini, dua-tiga grade di atas kita ini. Namanya kalah itu biasa, tapi kita menuju delapan besar ini apa yang mau kita buat, kan dapat kelemahannya. Mana yang gak layak pemain, kita kan udah tahu sekarang," pungkasnya.

Baca Juga: Buta Kekuatan PSIM, PSMS Lebih Khawatirkan Tim Sendiri

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya