Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDS

Terakhir bersua di kompetisi pada 2010

Medan, IDN Times- Duel klasik PSMS Medan dan PSDS Deli Serdang berlabel Derby Deli akan tersaji di Stadion Teladan Medan pada lanjutan Liga 2 musim 2023/2024, Minggu (1/10/2023). Duel yang juga disebut Derby Naga Bonar ini sudah lama tak tersaji di kompetisi resmi.

Hal ini karena sudah lama dua tim yang usianya hanya bertaut 8 tahun ini berada dalam kasta kompetisi yang sama.

IDN Times mengajak untuk napak tilas 5 laga derby terakhir PSMS versus PSDS Deli Serdang.

1. PSMS vs PSDS 2-0 (Edy Rahmayadi Cup 2023)

Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDSDuel PSMS versus PSDS pada lanjutan Edy Rahmayadi Cup 2023 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (12/8/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Duel teranyar PSMS dan PSDS tersaji di turnamen pramusim Edy Rahmayadi Cup 2023. Ini adalah turnamen yang diikuti tiga tim kontestan Liga 2 asal Sumut. 

Keduanya bersua di Stadion Teladan Medan, Sabtu (12/8/2023). Hasilnya PSMS meraih kemenangan 2-0. 

Gol kemenangan PSMS tercipta lewat Kurniawan Karman menit ke-56 dan ditutup gol Wahyu Rahmat Ilahi menit ke-77. Saat itu PSMS belum diperkuat pemain asingnya Kim Jin Sing dan Matheus Souza. Sementara PSDS diperkuat Noriki Akada.

Duel juga berlangsung panas. Beberapa kali para pemain dari kedua tim bersitegang. Puncaknya di menit ke-61 usai pelanggaran Gusti Sandria ke pemain PSMS hingga kedua kubu terlibat ketegangan. Gusti akhirnya ditarik keluar PSDS. Sayangnya ada ofisial PSMS yang juga ikut memanaskan suasana. Syukurnya hal ini mereda dan laga dilanjutkan kembali.

2. PSMS vs PSDS 1-0 (Turnamen Edy Rahmayadi Cup 2022)

Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDSDuel PSMS kontra PSDS pada laga Edy Rahmayadi Cup 2022 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (23/7/2022) malam (IDN Times/Doni Hermawan)

Setahun sebelumnya PSMS juga bersua PSDS di Turnamen Edy Rahmayadi Cup 2022 untuk pemanasan Liga 2. Saat itu PSDS baru saja promosi dari Liga 3.

Hasilnya PSMS yang saat itu dibesut I Putu Gede sukses meraih kemenangan pada duel di Stadion Teladan, 23 Juli 2022. Status penguasa dery Tanah Deli jadi milik PSMS dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan PSMS diciptakan pemain pengganti Suandi pada menit ke-79. Laga juga berlangsung panas. Diwarnai kartu merah M Irsan pada menit ke-24.

Sayangnya kedua tim batal bertemu di Liga 2

Baca Juga: Nasib Pelatih PSMS Ridwan Saragih Ditentukan Usai Laga Lawan PSDS

3. PSDS vs PSMS 0-0 (Divisi Utama 2009/2010)

Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDSAsisten PSDS, Imam Faisal mengarahkan pemainnya saat uji coba kontra Agas Jaya di Stadion Baharoeddin Siregar, Rabu (22/6/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Sejatinya duel PSDS versus PSMS di arena kompetisi terakhir kali pada 2010 lalu. Soalnya setelah itu kedua tim berbeda kasta. PSDS terdegradasi dan baru kembali ke kasta kedua pada 2022 lalu.

Pada laga itu PSMS diperkuat Ikpefua Osas Saha yang notabene eks pemain PSDS dan Nyek Nyobe. Keduanya berstatus pemain asing saat itu. PSMS juga masih diperkuat Muhammad Halim di bawah mistar yang kini jadi pelatih kiper PSDS.

Sementara PSDS mengandalkan Imam Faisal di depan (kini asisten pelatih PSDS). Imam sempat mencetak gol menit ke-64 namun dianulir wasit Asrizal karena dianggap offside.

Sementara kans terbaik PSMS lewat Osas Saha melebar meski sudah melewati kiper PSDS Oki Rengga.

 

4. PSMS vs PSDS 1-0 (Divisi Utama 2009/2010)

Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDSAnsyari Lubis IDN Times/Hasudungan

Sebelum duel di Baharoeddin Siregar, PSMS lebih dulu menjamu PSDS pada Divisi Utama 2009/2010 di Stadion Teladan Medan, 31 Desember 2009.

Saat itu PSMS yang dibesut Suimin Diharja diperkuat sejumlah pemain senior seperti Sony Gunawan, Slamet Riyadi, Edu Juanda, Affan Lubis dan para pemain muda saat itu seperti Jecky Pasarella, Tri Yudha Handoko dan Faisal Azmi.

Sementara PSDS dimotori Ansyari Lubis bersama Imam Faisal, Ari Yuganda dan kiper muda Oki Rengga. Gol tunggal kemenangan PSMS tercipta lewat tendangan salto Osas Saha menit ke-16.

5. PSDS vs PSMS 1-1 (Divisi Utama 2007/2008)

Melihat Kembali 5 Duel Terakhir Derby PSMS Vs PSDSSaktiawan Sinaga, mantan striker PSMS Medan (IDN Times/Doni Hermawan)

Musim 2007/2008 menjadi kali terakhir Divisi Utama berstatus kasta tertinggi. Soalnya setelah musim ini Divisi Utama jadi nama untuk kompetisi kasta kedua dan kasta teratas dilabeli Indonesia Super League (ISL).

PSDS menjamu PSMS pada lanjutan pekan ke-28 Wilayah Barat di Stadion Baharoeddin Siregar pada 21 Juli 2007. Saat itu PSMS berada di peringkat 4. Sementara PSDS berada di empat tangga di bawahnya.

Dibesut Tumpak Uli Sihite, PSDS tampil agresif di kandangnya. Traktor Kuning diperkuat Guy Mahop (Kamerun) di belakang, bersama Dedi Gusmawan. Sementara di tengah bercokol Ansyari Lubis, Jean Jacques Kilama, Christian Alberto (Chile) dan Ilham Romadhona. Ini juga jadi musim pertama Osas Saha di PSDS yang berduet dengan Edgar Nazco (Paraguay).

Sementara PSMS diperkuat Saktiawan Sinaga, Mahayadi Panggabean, Legimin dan trio asing Gustavo Chena, Mbom Julien, James Koko Lomel dan lainnya. Hasilnya kedua tim harus puas bermain imbang. Mereka ditahan 1-1. 

Baca Juga: Seruan Mundur dari Fans PSMS Nyaring, Ridwan: Tergantung Manajemen

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya