Kejurprov PJSI Sumut di Tebing Tinggi, 179 Pejudo Bertanding

Medan dan Tebing Tinggi peserta terbanyak

Medan, IDN Times- Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatra Utara menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Piala Ketua KONI Tebing Tinggi di GOR Asber Nasution, Kota Tebing Tinggi pada 27-28 November 2023. Hingga batas terakhir pendaftaran, Jumat (24/11/2023), ada 179 pejudo yang mendaftar.

Ketua Pengprov PJSI Sumut Muhammad Arief Fadhillah mengatakan ini merupakan Kejurprov ini menjadi era kebangkitan judo Sumut.

"Tahun lalu kita masih gelar selekda, tapi tahun ini kita sudah bisa gelar Kejurprov. Jumlah pengcab kita terus bertambah. Pesertanya juga hampir 200 orang. Ini menandakan gairah judo Sumut semakin tinggi," kata Arief, Sabtu (25/11/2023).

1. Alasan memilih Tebing Tinggi sebagai tuan rumah

Kejurprov PJSI Sumut di Tebing Tinggi, 179 Pejudo BertandingAksi Febi Landa dari Sumut pada Kejurnas Judo Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Selasa (10/10/2023) (IDN Times/Doni Hermawan)

Dipilihnya Tebing Tinggi sebagai tuan rumah Kejurprov juga melihat perkembangan judo di kota ini cukup pesat.

"Saat ini Tebing Tinggi salah satu pengcab yang kemajuan judonya pesat. Ada beberapa atletnya yang juga memperkuat pelatda judo PON Sumut baik di kategori fighting maupun kata. Kita juga melihat kesiapan Tebing Tinggi sebagai tuan rumah," kata Arief.

2. Jaring potensi pejudo daerah

Kejurprov PJSI Sumut di Tebing Tinggi, 179 Pejudo BertandingAtlet juno kata Sumut akan kembali turun di Kasad Cup (IDN Times/Doni Hermawan)

Arief juga memuji antusiasme pengcab lainnya yang mengirimkan banyak atlet untuk bertanding sehingga peserta cukup membludak. Dia berharap dari Kejurprov bisa terjaringa atlet-atlet berpotensi untuk Sumut ke tingkat nasional.

"Kita sekaligus menyaring juga potensi dari daerah. Jadi saat ini judo mulai merata atletnya dan menyebar ke daerah-daerah di Sumut," jelasnya.

3. Medan dan Tebing Tinggi peserta terbanyak

Kejurprov PJSI Sumut di Tebing Tinggi, 179 Pejudo BertandingAksi pejudo Sumut Dicky Hartato pada Kejurnas Kasad Cup 2023 di Hall Basket Senayan, Jakarta (IDN Times/Doni Hermawan)

Sementara itu dari panpel Abdul Wahid menjelaskan, 179 pejudo mendaftar dengan Kota Medan dan Tebing Tinggi sebagai peserta terbanyak. "Ada 39 peserta dari Medan dan 36 dari Tebing Tinggi," kata Wahid.

Sisanya dari Binjai (27 orang), Dairi (20), Karo (14), Serdang Bedagai (11), Tapanuli Utara (8), Deli Serdang (8), Padangsidimpuan (6), dan atlet pelatda Sumut (10).

Baca Juga: Kasad Cup Berakhir, Judo Sumut Evaluasi Menuju PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya