Jadi Pelatih Kiper Timnas U-20, Sahari Gultom Berangkat ke Qatar

Absen dampingi Sada Sumut untuk persiapan playoff

Medan, IDN Times- Sahari Gultom kembali mendapat panggilan untuk memerkuat tim nasional. Kali ini ia ditugasi menjadi pelatih kiper tim nasional U-20.

Sahari menjadi asisten Indra Sjafri yang mengepalai staf pelatih timnas U-20. Hal itu dibenarkan Ucok, sapaan akrabnya saat dikonfirmasi, Kamis (21/12/2023).

"Alhamdulillah saya mendapat panggilan dari PSSI untuk pemusatan latihan di Qatar pada 22 Desember 2023 sampai 3 Januari 2024. Tim ini dipersiapkan menghadapi Piala Dunia U-20," kata Ucok.

1. Sementara absen mendampingi Sada Sumut untuk persiapan playoff degradasi

Jadi Pelatih Kiper Timnas U-20, Sahari Gultom Berangkat ke QatarSahari Gultom pelatih kiper Sada Sumut FC (IDN Times/Doni Hermawan)

PSSI juga sudah menyurati klub Liga 2 Sada Sumut FC perihal dispensasi untuk Ucok. Diketahui Sada Sumut FC masih akan berjuang di babak playoff degradasi mulai 6 Januari 2024 mendatang.

"Insya Allah kalau TC selesai, saya akan kembali mendampingi Sada Sumut di babak playoff," kata Ucok.

 

Baca Juga: Masuk Grup X, Ini Statistik Lawan-lawan PSMS di Babak 12 Besar Liga 2

2. Ucok sebelumnya baru menangani timnas u-17 di Piala Dunia U-17 Indonesia

Jadi Pelatih Kiper Timnas U-20, Sahari Gultom Berangkat ke QatarSahari Gultom pada sesi latihan Timnas Indonesia Senior di Lapangan ABC SUGBK Jakarta, Desember 2020. (Instagram.com/saharigultom)

Sebelumnya Ucok juga baru saja menunaikan tugasnya sebagai pelatih kiper Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 Indonesia yang digelar 11 November-2 Desember 2023 lalu. Di turnamen itu Indonesia gagal melaju ke babak 16 besar. Sebelumnya lagi Ucok juga turut membawa timnas U-23 menjuarai SEA Games 2023.

3. PSSI persiapkan tim lebih awal untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20

Jadi Pelatih Kiper Timnas U-20, Sahari Gultom Berangkat ke QatarPelatih kiper timnas SEA Games, Sahari Gultom (Dok.Istimewa)

PSSI diketahui memersiapkan tim lebih awal untuk bisa lolos ke Piala Dunia U-20 tahun 2025 mendatang. FIFA sudah memutuskan Chile menjadi tuan rumah.

Namun sebelumnya timnas harus lebih dulu menghadapi kualifikasi Piala Asia U-20.

PSSI sendiri belum mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil untuk TC di Qatar. Namun kemungkinan mayoritas dari pemain alumni Piala Dunia U-17.

Baca Juga: Persiraja Langsung Jumpa PSMS di Laga Perdana 12 Besar Liga 2

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya