Sandiaga Uno Dorong Kepri Menjadi Sport Tourism Hub di Indonesia

Wonderful Indonesia Golf Tournament berlangsung di Batam

Batam, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendorong Kota Batam dan Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai Sport Tourism Hub di Indonesia.

Sandiaga mengatakan, salah satu upaya dalam pendorongan dua kawasan ini menjadi Sport Tourism Hub di Indonesia yakni diselenggarakannya Wonderful Indonesia Golf Tournament di Southlinks Golf Couse, Kota Batam.

"Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal tahun yang bertujuan menata Batam dan Bintan di Kepulauan Riau sebagai sport tourism hub, khususnya untuk golf. Hari ini kita akan memberikan dan menyampaikan beberapa strategi terkait review kepariwisataan kita," kata Sandiaga, Sabtu (29/6/2024).

1. Evaluasi pariwisata Asia dan terobosan baru untuk Indonesia

Sandiaga Uno Dorong Kepri Menjadi Sport Tourism Hub di IndonesiaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat berada di Kota Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Sandiaga Uno baru saja kembali dari perjalanan ke berbagai negara di Asia untuk mengevaluasi performa pariwisata di kawasan tersebut. Ia menyampaikan bahwa terdapat beberapa catatan dan trobosan yang akan disampaikan kepada Gubernur Kepulauan Riau.

"Salah satu catatan penting adalah minat tinggi dari peserta golf, baik domestik maupun internasional," ungkap Sandiaga.

2. Antusiasme tinggi, tiket Wonderful Indonesia Golf Tournament sold out dalam sehari

Sandiaga Uno Dorong Kepri Menjadi Sport Tourism Hub di IndonesiaSandiaga Uno saat menyapa para peserta Wonderful Indonesia Golf Tournament di Kota Batam (Kemenpar Ekraf)

Dalam ajang Wonderful Indonesia Golf Tournament, Sandiaga menjelaskan bahea sebanyak 140 peserta telah terdaftar dan berpartisipasi di dalam event bersekala internasional tersebut.

"Tiketnya juha terjual habis dalam waktu kurang dari sehari setelah peluncuran. Peserta yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari Singapura dan Malaysia, menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan pariwisata golf di Indonesia," ujarnya.

Sandiaga menjelaskan, event ini merupakan bgntuk kerja sama yang baik antara pemerintah dengan Pondok Indah Golf Batam.

"Kita dapat menunjukkan ekosistem pariwisata berbasis olahraga, khususnya golf, berkembang pesat," lanjutnya.

3. Kepri jadi provinsi dengan lapangan golf terbanyak di Indonesia

Sandiaga Uno Dorong Kepri Menjadi Sport Tourism Hub di IndonesiaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Kemenpar Ekraf)

Terakhir, Sandiaga Uno juga mengungkapkan bahwa Provinsi Kepri menjadi daerah dengan jumlah lapangan golf terbanyak di Indonesia.

Menurut Sandiaga, Kepri yang merupakan daerah kepulauan kini telah memiliki sepuluh lapangan golf, dengan rincian tujuh lapangan golf terdapat di Kota Batam, sementara dua lapangan golf lainnya berada di Bintan dan akan segera bertambah menjadi tiga.

"Penambahan lapangan golf ini diproyeksikan akan semakin meningkatkan daya tarik wisata di wilayah Kepri, serta mendukung perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut," tutupnya.

Baca Juga: KONI Sumut Targetkan 100 Emas PON 2024, Pj Gubernur Minta Dekati 176

Topik:

  • Putra Gema Pamungkas
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya