Temui Menpora, Agus Fatoni Bakal Geber Percepatan Persiapan PON

Segera lakukan rapat dengan PB PON

Medan, IDN Times – Setelah dilantik, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni langsung bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Dia melakukan pembahasan kesiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara. Pertemuan ini berlangsung di Jl Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Kata Dito, Fatoni sudah terlibat sejak awal dalam kesiapan pelaksanaan PON XXI Sumut Aceh. Karena Fatoni menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalan Negeri (Kemendagri) yang bersama-sama mencari solusi permasalahan penyelenggaraan PON.

“Pak Fatoni sejak awal sudah ikut terlibat dalam pembahasan kesiapan PON di Sumut dan Aceh, khususnya terkait penganggaran,” kata Dito.

1. Agus Fatoni bakal lakukan percepatan persiapan PON 2024

Temui Menpora, Agus Fatoni Bakal Geber Percepatan Persiapan PONMenteri DalamNegeri Tito Karnavian melantik Agus Fatoni menjadi Pj Gubernur Sumatra Utara, Senin (24/6/2024). (Dok Diskominfo Sumut)

Agus Fatoni mengatakan, persiapan pelaksanaan PON XXI Sumut-Aceh sudah baik. Namun masih diperlukan percepatan dikarenakan masih ada beberapa venue cabang olahraga (cabor) yang perlu dipindahkan.

“Pada prinsipnya kesiapan PON di Sumatra Utara sudah berproses hanya perlu percepatan dan ada venue yang perlu dipindahkan karena belum siap digunakan,” ucap Fatoni.

2. Bakal rapat dengan PB PON

Temui Menpora, Agus Fatoni Bakal Geber Percepatan Persiapan PONKetua KONI Pusat Marciano Norman saat membuka Chef de Mission PON 2024 di Medan, Senin (24/6/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Agus juga akan segera menggelar rapat dengan PB PON pada Kamis (27/6/2024). Dia ingin membahas persiapan pelaksanaan PON.

“Saya akan pimpin langsung Rapat dengan PB PON Sumatera Utara bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Fatoni.

3. Mendagri juga ingatkan soal PON

Temui Menpora, Agus Fatoni Bakal Geber Percepatan Persiapan PONMenteri DalamNegeri Tito Karnavian melantik Agus Fatoni menjadi Pj Gubernur Sumatra Utara, Senin (24/6/2024). (Dok Diskominfo Sumut)

Agus Fatoni menggantikan posisi Hassanudin yang sebelumnya menjabat sebagai Pj Gubernur Sumut pada Senin (24/6/2024) sore. Agus Fatoni berpengalaman menjadi kepala daerah di dua wilayah, yaitu Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan.

Selain pernah menjadi kepala daerah, Agus Fatoni juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri definitif. Secara terpisah, Mendagri percaya bahwa Agus Fatoni mampu mempercepat persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara pada bulan September mendatang.

“Kita dorong Pak Fatoni ini adalah Dirjen Keuda di Kemendagri dan ini sudah pernah dua kali jadi Pj itu di Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan,” kata Mendgagri Tito Karnavian usai pelantikan Pj Gubernur di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Senin (24/6/2024).

“Sehingga kemampuan lapangan ini beliau paham, kemampuan administrasi keuangan juga mengerti, sehingga bisa dengan cepat menyelesaikan masalah masalah yang berkaitan dengan keuangan untuk persiapan PON,” pungkasnya.

Baca Juga: Ketua KONI Pusat Tegaskan Arahan Jokowi Soal Persiapan Venue PON 2024

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya