Stadion Utama Dikebut 3 Shift, Stadion Madya Tinggal Penerangan

Pj Gubernur langsung ke Sport Centre usai mendarat di Sumut

Deli Serdang, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Agus Fatoni langsung meninjau venue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Desa Sena, Kualanamu, Deli Serdang, Rabu (26/6/2024). Dia meninjau Stadion Madya Atletik, Stadion Utama, Martial Arts Arena, hingga stadion bola voli ditinjau bersama Forkopimda Sumut dan sejumlah pejabat OPD.

Agus melakukannya usai mendarat perdana di Sumut usai dilantik sebagai Pj Gubernur Sumut. "Usai landing saya langsung meninjau venue PON. Tugas saya dilantik menjadi Pj Gubernur untuk memastikan bahwa pemerintahan berjalan dengan baik, juga melaksanakan pembangunan dan peningkatan pelayanan. Salah satunya adalah untuk bisa memastikan bahwa penyelenggaraan PON yang dilaksanakan di Sumatera Utara ini berjalan dengan baik," kata Pj Gubernur Sumut.

 

1. Stadion Madya Atletik tinggal menambah penerangan

Stadion Utama Dikebut 3 Shift, Stadion Madya Tinggal PeneranganPj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat meninjau Stadion Madya Atletik Deli Serdang (dok.istimewa)

Dia mengatakan, untuk kelancaran pelaksanaan PON 2024 perlu mengecek berbagai persiapan termasuk sarana, dana, SDM penunjang agar terpenuhi. Menurutnya hal tersebut merupakan tugas bersama pemerintah daerah, Fokropimda, kabupaten/kota dan semua elemen masyarakat.

"Stadion Madya Atletik sudah selesai, tinggal menambahkan penerangan dan yang lainnya. Namun Stadion Utama ini diperkirakan akan selesai Juli, dan bulan Agustus sudah bisa digunakan. Harusnya selesai September tapi karena harus digunakan (venue penutupan PON 2024) dilakukan percepatan. Maka tugas kita bersama-sama memastikan sarana dan prasarananya bisa selesai sebelum pelaksanaan kegiatan PON," bebernya.

Stadion madya atletik Sumut Sport Centre tersebut memiliki 8 lintasan tanding dan 8 lintasan untuk pemanasan. Kata Bahar, stadion madya yang sudah selesai pada Desember 2023 tersebut, merupakan yang satu-satunya di Indonesia yang memiliki 8 lintasan tanding dan latih.

2. Soal pendanaan bisa dilakukan pergeseran tanpa menunggu APBD

Stadion Utama Dikebut 3 Shift, Stadion Madya Tinggal PeneranganPj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat meninjau Stadion Madya Atletik Deli Serdang (dok.istimewa)

Sementara itu, Kawasan Sport Centre Dispora Sumut luasnya 25 hektare. Di kawasan ini terdapat wisma atlet, gedung serbaguna, stadion futsal, arena bowling, dan sirkuit multifungsi. 

Sedangkan soal pendanaan, kata Agus Fatoni, jika diperlukan menurutnya bisa dilakukan pergeseran tanpa menunggu APBD perubahan.

"Dukungan anggaran banyak juga dari APBN, anggaran sudah cukup, tapi bila nanti diperlukan nanti bisa ditambahkan lagi untuk kelengkapan-kelengkapan lain untuk pergeseran anggaran. Pergeseran bisa dilakukan tanpa menunggu APBD perubahan, pergeseran anggaran itu dengan melakukan perubahan peraturan kepala daerah tentang penjabaran APBD dan diberitahukan kepada pimpinan DPRD, sumbernya dari dana BTT (belanja tidak terduga)," ucap Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri itu.

3. Pengerjaan dikebut dengan tiga shift

Stadion Utama Dikebut 3 Shift, Stadion Madya Tinggal PeneranganPj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat meninjau Sport Centre Sumut untuk PON 2024 (dok.istimewa)

Pantauan wartawan, Rabu (26/6/2024), Stadion Utama dalam pengerjaan tribun. Sementara rumput juga sudah ditanam.

Kadispora Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, untuk tribun stadion utama tinggal membangun atap, dan pengerjaannya terus dikebut.

“Pengerjaan ini 3 kali 8 jam atau 3 shift, dikebut pagi sore malam, pakai lima crane juga, jadi kita optimis selesai cepat,” kata Baharuddin.

Diketahui, PON XXI Aceh-Sumut akan dibuka pada tanggal 8 September 2024 di Aceh, dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut. Sesuai dengan arahan Presiden, PON masih akan sesuai dengan jadwal.

“Jadi sesuai dengan arahan Presiden, PON akan sesuai dengan jadwal, jadi semua mesti kita kebut, tapi karena sejauh ini tidak ada kendala, kita yakin akan tepat waktu semuanya,” ujar Baharuddin. 

Secara terpisah, Ketua Harian PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan secara keseluruhan, progres pembangunan venue PON sejauh ini sudah 80 persen. Diklaim dia, proses pembangunan tidak ada kendala.

Baca Juga: Sabtu Ini, Tim Sepak Bola Putra PON Sumut Jajal Timnas U-20

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya