Para Pembalap F1H2O Mulai Datang, Edy: Persiapan Sudah 100 Persen

Pemrov Sumut bakal fokuskan kebersihan

Medan, IDN Times – Perhelatan F1 Powerboat tinggal menunggu hari. Selama sepekan ke depan kawasan Kecamatan Balige, Ibukota Kabupaten Toba diprediksi akan disesaki pengunjung dari berbagai daerah hingga luar negeri untuk kejuaraan yang digelar 24-26 Februari 2023. 

Para pembalap terlihat sudah berdatangan ke Balige. Mereka mendarat di Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Kabupaten Tapanuli Utara pada Senin (20/2/2023).

1. Peserta disambut dengan tari-tarian dan dikalungkan ulos

Para Pembalap F1H2O Mulai Datang, Edy: Persiapan Sudah 100 PersenMarit Stromoy, pembalap perempuan satu-satunya F1H2O (instagram/f1h2o.co.id)

Dari instagram resmi F1H2O, sejumlah pembalap sudah mendarat. Mereka disambut tari-tarian tor-tor. Mereka juga dikalungi ulos oleh sejumlah pejabat terkait.

Para pembalap yang terlihat sudah hadir antara lain  Brent Dillard dari China CTIC Team. Begitu juga pembalap dari tim Victory dan kru.

Kemudian pembalap perempuan satu-satunya, Marit Stromoy dari Stromoy Racing Team juga sudah datang bersama Bartek Marszalek.

2. Gubernur Edy sebut warga juga diperbolehkan menonton

Para Pembalap F1H2O Mulai Datang, Edy: Persiapan Sudah 100 PersenF1H2O akan digelar di Danau Toba (f1h2o.com/Simon Palfrader)

Sementara itu Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengklaim persiapan balapan perahu cepat itu sudah 100 persen. Edy mengungkapkan segala persiapan dari infrastruktur hingga logistik balapan perahu motor itu, sudah tiba di venue. "Sudah 100 persen ini,” ujar Edy, Senin (20/2/2023).

Edy juga mengatakan, masyarakat di sekitaran venue punya hak untuk menonton. Meski pun mereka tidak memiliki tiket. Pemprov Sumut akan memfasilitasi hal tersebut. Pihaknya bersama Pemkab Toba juga sudah menyediakan sejumlah lokasi untuk nonton bareng.

"Tinggal kebersihan dam penempatan. Rakyat ini, tidak bisa seperti dijadikan pendatang yang penonton, yang di tarik retribusinya (tiket). Rakyat disini akan di tempatkan dan di posisinya juga. Agar tidak menggangu ketertiban," kata Gubernur Edy.

Kata Edy, gelaran F1H20 ini harus memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Khususnya kepada UMKM.

3. Edy minta semua pihak jangan sia – siakan kesempatan emas

Para Pembalap F1H2O Mulai Datang, Edy: Persiapan Sudah 100 PersenLegenda F1H2O , Phillippe Chiappe menjalani musim terakhirnya 2022 lalu (f1h2o.com/Simon Palfrader)

Danau Toba sendiri, mendapatkan kontrak 5 tahun kesempatan menjadi tuan rumah F1 Powerboat. Edy mengungkapkan bahwa tahun 2023 ini, menjadi pembelajaran untuk menjadi tuan rumah baik untuk tahun-tahun selanjutnya.

"Kalau 5 tahun (kontrak) ini, begini apabila mereka masih berkenan lagi dan merasa nyaman merasa hobinya tersalurkan. Sehingga ada tahun pertama tahun kedua tahun ketiga tahun keempat, kalau tahun ini dijadikan tidak nyaman, oh dia pindah tempat itu. Tahun pertama ini pembelajaran itu," jelas Gubernur Edy.

Dalam kesempatan perdana ini, pihaknya akan berfokus pada kebersihan selama penyelenggaraan. Karena jika tidak, gelaran serupa terancam tidak digelar lagi.

"Kita fokuskan benar kebersihannya, kalau keindahanya sudah di beri tuhan kita. Danau Toba sangat indah, tetapi nah kotanya ini kurang bagus. Iya tergantung kita, tetapi kalau kotor dan jorok. Berarti manusianya," kata mantan Pangkostrad itu.

4. Jokowi dipastikan hadir menonton F1H2O

Para Pembalap F1H2O Mulai Datang, Edy: Persiapan Sudah 100 PersenIlustrasi F1H20. (f1h2o.com/Vittorio Ubertone)

Gubernur Edy menambahkan Presiden Joko Widodo dipastikan akan menonton langsung F1H2O di Danau Toba. Mantan Gubernur DKI itu, akan tiba di Sumut pada 24 Februari 2023. Dijadwalkan orang nomor satu di tanah air ini, akan mengikuti rangkaian kegiatan F1 Powerboat.

"Pak Jokowi positif datang (untuk menonton langsung F1H2O)," ucap mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Edy menjelaskan pada 24 Februari, para pebalap akan melakukan sesi latihan. Kemudian dilanjutkan sesi kualifikasi pada 25 Februari 2023. Keesokan harinya puncak acara akan diisi sesi final dan pembukaan kejuaraan F1 Powerboat 2023.

"Aku bukan nonton, aku panitia besok atau lusa udah berangkat," pungkasnya.

Baca Juga: Profil Sami Selio, Pemegang 2 Gelar Juara Dunia F1 Powerboat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya