Kenapa Drum Band Masuk Jadi Salah Satu Cabor PON 2024? 

Simak nih penjelasan PB PDBI

Medan, IDN Times – Jamak orang yang masih menganggap, drum band hanyalah seni pertunjukan. Namun nyatanya, kini drum band masuk menjadi salah satu cabang olahraga di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Drum band atau drumben dikompetisikan karena dianggap sebagai salah satu olahraga. Dalam PON 2024 Sumatra Utara – Aceh, drum band kembali dipertandingkan sebagai salah satu Cabor.

1. Dimulai sejak PON 2016 Jawa Barat

Kenapa Drum Band Masuk Jadi Salah Satu Cabor PON 2024? Penampilan kontingen DKI Jakarta saat bertanding di nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 400 meter, Sabtu (7/9/2024). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Alasan drum band merupakan olahraga dibeberkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Drum Band Indonesia Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, cabor ini mulai dipertandingkan sejak PON 2016 di Jawa Barat.

"Drumband ada fisik dan art (seni)," kata Ronny usai membuka pertandingan perdana, di Sport Centre, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (7/9/2024) di Stadion Madya Atletik Sumut.

2. Aspek penilaian terletak keselarasan gerak dan bermusik

Kenapa Drum Band Masuk Jadi Salah Satu Cabor PON 2024? Kontingen drumband Jawa Timur melakukan pemanasan sebelum bertanding di nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), Sabtu (7/9/2024). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Dalam kompetisi cabang olahraga, ada beberapa aspek yang menjadi penilaian di dalam drum band. Karena dalam Cabor ini dibagi dalam beberapa nomor pertandingan. Nomor pertandingannya antara lain; Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), Lomba Unjuk Gelar (LUG), Lomba Ketahanan Dan Ketepatan Berbaris (LKKB), dan Lomba Baris Berbaris (LBB).

“Penilaiannya pada fisik dan keselarasan. Jadi bagaimana para atlet bisa punya ketahanan fisik dibarengi dengan permainan musik,” katanya.

3. Ada 8 kontingen yang bertanding di Cabor drum band

Kenapa Drum Band Masuk Jadi Salah Satu Cabor PON 2024? Kontingen drumband Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pemanasan sebelum bertanding di nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP), Sabtu (7/9/2024). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Ketua Panitia Pelaksana Cabor Drum Band, Nirwana Agus Saputradi di Stadion Madya Atletik mengatakan pihaknya sudah siap melaksanakan lomba. Lomba hari ini dimulai dengan nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP).

"Persiapan panitia sudah 100%, Insya Allah," kata Nirwana, Sabtu (7/9/2024) di Stadion Madya Atletik.

Nirwana menjelaskan, selain memperlombakan nomor LBJP ini akan diikuti 8 provinsi, yakni Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta. Kemudian DIY, Aceh, Jatim, dan Kalimantan Tengah.

Baca Juga: Futsal PON 2024: Jawa Timur Bersua Kaltim di Final Putra

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya