Atlet Tenis Meja Bali Torehkan Sejarah di PON 2024

Patahkan dominasi Jawa Timur

Medan, IDN Times –  Kontingen Provinsi Bali berhasil mencatatkan sejarah baru di Cabang Olahraga (Cabor) tenis meja. Tim ganda campuran Bali Komang Sugita/Sisca Pratiwi mematahkan dominasi sejumlah provinsi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Untuk pertama kalinya nomor ganda campuran Bali sukses merebut medali emas di ajang multi event olahraga empat tahunan itu. Sejarah ditorehkan pasangan ganda campuran Komang/Sisca yang sukses mendulang medali emas di PON edisi ke-21.

Mereka meraih emas setelah menumbangkan pasangan Jawa Timur, Affan/Vita. Final yang berlangsung di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024) siang, Komang/Sisca menang dengan skor 3-2.

1. Tangis haru mewarnai emas Bali

Atlet Tenis Meja Bali Torehkan Sejarah di PON 2024Ganda campuran tenis meja Bali Sisca Pratiwi dan Komang Sugita mengembalikan bola kearah lawannya ganda campuran Jawa Timur Affan Mauludana Pratama dan Dwi Oktaviani Sugiarto dalam babak final Tenis Meja Ganda Campuran PON XXI Aceh-Sumut di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024). (PB PON Sumut/Tarmizy Harva)

Catatan apik emas pertama bagi Provinsi Bali disambut suka cita para atlet dan official tenis meja Bali. Jajaran atlet, official dan manajemen langsung melakukan selebrasi. Air mata mereka juga sempat mengalir dari kelopak mata. Mereka saling berpelukan dengan pasangan Komang/Sisca.

Partai perebutan medali emas pada nomor ganda campuran antara pasangan Bali, Komang/Sisa menghadapi Affan/Vita dari Jatim berjalan ketat dan alot. Hal itu pun terlihat dari angka yang diperoleh kedua pasangan serta permainan berlangsung lima game.

2. Bali mendominasi sejak awal gim

Atlet Tenis Meja Bali Torehkan Sejarah di PON 2024Ganda campuran tenis meja Jawa Timur Affan Mauludana Pratama dan Dwi Oktaviani Sugiarto melancarkan serangan kearah lawannya ganda campuran Bali Komang Sugita dan Sisca Pratiwi dalam babak final Tenis Meja Ganda Campuran PON XXI Aceh-Sumut di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024). (PB PON Sumut/Tarmizy Harva)

Bali mendominasi sejak awal gim. Mereka memenangkan gim pertama dengan kedudukan 15-13. Perselisihan perolehan angka berlangsung ketat ditandai dengan angka sama 10-10, berlanjut keunggulan Jatim 10-11, disamakan Bali jadi 11-11 berlanjut 12-11, kemudian disamakan Bali jadi 12-12, setelah itu kembali kedudukan seri 13-13, setelah itu keunggulan diraih Jatim dengan skor 14-13 dan berakhir 15-13.

Sementara itu pada game kedua berakhir untuk kemenangan Jawa Timur dengan skor 11-6 dan di games ketiga, Bali kembali unggul 13-11. Sedangkan di game ke Keempat Jatim kembali bangkit dan menang 10-6. Sebelum akhirnya Bali menutup laga dengan kemenangan 10-6.

3. Sebelumnya Bali cegat Jabar masuk final

Atlet Tenis Meja Bali Torehkan Sejarah di PON 2024Ganda campuran tenis meja Bali Sisca Pratiwi dan Komang Sugita melakukan servis kearah lawannya ganda campuran Jawa Timur Affan Mauludana Pratama dan Dwi Oktaviani Sugiarto dalam babak final Tenis Meja Ganda Campuran PON XXI Aceh-Sumut di GOR Angsapura Medan, Minggu (15/9/2024). (PB PON Sumut/Tarmizy Harva)

Sebelumnya, Pasangan Bali, Komang/Sisca melaju ke partai final setelah sukses mematahkan harapan pasangan Jabar Taufik/Wida dengan skor 3-1 (10-11, 11-10, 11-10,11-8).

Sedangkan pasangan Affan / Vita dari Jawa Timur mengungguli  pasangan satu daerahnya Ficky/ Christine (Jatim) lewat skor 3-0 (11-9, 11-7 dan 11-5 ). Dengan hasil ini, Bali berhak meraih medali emas sedangkan Jatim harus puas meraih perak. Sedangkan perunggu bersama menjadi milik Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca Juga: Mengungkap Sosok Backing Vocal Cewek pada Konser Sheila on 7 di Medan

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya