Agus Fatoni Klaim Stadion Utama PON Sudah 81 Persen, Target Molor Lagi

Agus berikan target baru rampung pertengahan Agustus

Medan, IDN Times – Pj Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni mengklaim pihaknya sudah mempersiapkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di wilayahnya dengan baik. Salah satunya adalah persiapan sarana prasarana.

Jamak publik pesimis soal pembangunan sarana dan prasarana di Sumut Sport Centre sebagai venue utama Desa Sena, Kabupaten Deliserdang. Pembangunan saat ini masih dilakukan. Beberapa venue seperti atletik dan lainnya diklaim sudah rampung. Hanya melengkapi detail minor pembangunan saja. Namun bagaimana dengan stadion utama?

1. Stadion utama akan digunakan untuk penutupan diklaim sudah 81 persen

Agus Fatoni Klaim Stadion Utama PON Sudah 81 Persen, Target Molor LagiProgres pembangunan Stadion Utama di Sport Centre Desa Sena Deli Serdang dipotret dari udara, Jumat (17/5/2024) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Pemantauan di lapangan, pengerjaan stadion utama PON XXI masih berlangsung. Beberapa alat berat seperti crane masih berdiri di area sport centre di sisa 40 hari pembukaan PON XXI. Amatan dari jauh, bangku-bangku untuk penonton sudah rampung dikerjakan. Secara kasat mata, bentuk stadion utama sudah tampak. Namun publik masih pesimis, stadion utama akan rampung tepat waktu.

Agus Fatoni yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Besar (PB) PON mengatakan, pembangunan sudah masuk progres 81 persen.

“Pertengahan Agustus ditarget akan rampung,” kata Agus dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9, Senin (29/7/2024).

Kata Agus, stadion utama tidak digunakan untuk pertandingan. Nantinya, stadion utama akan digunakan untuk penutupan PON.

Sebenarnya venue ditarget rampung Juli karena akan digunakan untuk tes pre event. Venue ini sendiri akan digunakan untuk penutupan.

2. Menpora minta venue selesai paling lambat awal Agustus 2024

Agus Fatoni Klaim Stadion Utama PON Sudah 81 Persen, Target Molor LagiMenpora Dito Ariotedjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dalam rapat Rapat Koordinasi (Rakor) Panitia Besar (PB) PON XXI Tahun 2024, Senin (15/7/2024) meminta agar venu rampung paling lambat awal Agustus 2024.

"Semoga penyelesaian venue-venue ini sudah ada perkembangan dan kita jadikan perhatian bersama," ucap Dito.

Menpora meminta hal itu segera ditindaklanjuti setelah rapat tersebut. Dalam hal ini pula, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), akan selalu standby (siap sedia) untuk seluruh urusan persiapan PON.

"Kembali lagi kami ingatkan, mari kita menjaga bersama PON ini agar sukses secara prestasi, sukses juga penyelenggaraan, dan yang terakhir dan paling penting adalah sukses secara administrasi," tegasnya.

3. PON Sumut Aceh masih kekurangan dana Rp357 M

Agus Fatoni Klaim Stadion Utama PON Sudah 81 Persen, Target Molor LagiPj Gubernur Sumut Agus Fatoni saat datang ke KONI Sumut, Jumat (28/6/2024) (dok.istimewa)

Sementra itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Surono menyebut soal kebutuhan anggaran untuk PON 2024. Kata Agus, untuk Sumut dan Aceh masih membutuhkan tambahan anggaran Rp357 Miliar. Dana ini meliputi berbagai kebutuhan. Salah satunya untuk sarana dan prasarana.

“Ini masih diajukan ke Kementerian Keuangan,” kata Surono.

Baca Juga: Jelang PON 2024, 11 Atlet Sanda Sumut Berlatih ke Guangzhou China

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya