Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup 2022 Diikuti 400 Atlet se-Sumut

Misi jaring atlet potensial daerah

Medan, IDN Times- Sebanyak 400 atlet se-Sumut mengikuti Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup KKI Open 2022 se-Sumatra Utara (Sumut) di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). 

Pelaksanaan pertandingan tersebut berlangsung selama tiga hari sejak 29 Juli 2022 dengan sistem referchange dan dibagi ke dalam 41 kelas komite dengan dua kategori senior putra dan putri, serta junior putra dan putri. 

1. Diikuti 400 karateka se-Sumut

Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup 2022 Diikuti 400 Atlet se-SumutSebanyak 400 atlet se-Sumut ikut Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup KKI Open 2022 se Sumatera Utara (Sumut) di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)

Wali Kota Sibolga, Jamaluddin mengapresiasi kejuaraan tersebut. Ia pun mengharapkan kegiatan serupa menjadi kalender tahunan di Sibolga dan Tapteng. Ia bahkan memberikan tambahan hadiah uang sebesar Rp15 juta bagi para atlet berprestasi lewat panitia kejuaraan.

"Tujuan kejuaraan yang berlangsung pada Jumat 29 Juli sampai Minggu 31 Juli 2022 ini adalah untuk membangkitkan perekonomian dan juga mempersiapkan supaya dari Sibolga dan Tapteng lahir atlet-atlet yang bisa membanggakan Sibolga dan Tapteng," katanya. 

Kejuaraan merebutkan piala Wali Kota, Kajari, Imigrasi dan Bapas Sibolga ini, diikuti 400 karateka dari 26 kontingen Pengurus Cabang (Pengcab) Forki dan Pengcab Perguruan di bawah naungan Forki yang ada di Kabupaten/Kota se Sumut.

Baca Juga: Juarai Turnamen Pramusim, Putu Gede Sebut PSMS Cuma Beruntung

2. Pertandingan dipimpin 30 orang wasit

Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup 2022 Diikuti 400 Atlet se-SumutIlustrasi pertandingan karate nomor kumite. ANTARA FOTO/INASGOC/Yudhi Ginanjar/Sup/18

Ketua Panitia Kejuaraan, Andi Febri Rinaldhi yang juga Kepala Seksi Intel dan Penindakan Keimigrasian Sibolga mengatakan seluruh rangkaian pertandingan dipimpin 30 orang wasit yang memiliki lisensi atau grade Asossiation Karate-Do Federation (AKF) nasional dan daerah.

"Kejuaraan ini juga dilaksanakan berdasarkan niat tulus ingin membangun generasi muda unggul dan berprestasi. Sehingga lahir ide-ide hingga kolaborasi karena memiliki kerinduan yang sama, baik dari Kajari, Wali Kota, Kepala Imigrasi dan Bapas Sibolga, untuk mewujudkannya," ujarnya.

3. Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi dari wilayah pantai barat Sumut

Kejuaraan Karate Adhyaksa Cup 2022 Diikuti 400 Atlet se-SumutIlustrasi cabor karate. (PB PON XX PAPUA/Syahru Romadhon)

Oleh karena itu, ia berharap lewat kegiatan ini dapat lahir atlet-atlet berprestasi, secara khusus karate dari wilayah pantai barat Sumut yang bisa kelak mewakili Sumut ke even Nasional, PON, hingga Internasional. Kemudian dapat menjadi agenda berkesinambungan Forki atau KKI Sumut dan kolaborasi tetap terjaga dengan baik.

Dalam kesempatan itu, Ketua KKI Pusat lewat mantan juara Nasional Karate yang juga Dewan Guru Besar KKI Sumut dan Ketua Bidang Antar Lembaga Perguruan Karate KKI Pusat, Rame Simanjuntak (DAN VI Karate-Do), memberikan reward berupa sabuk DAN II sebagai gelar kehormatan kepada Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan, Kajari Sibolga, Irfan Paham PD Samosir, dan Kepala Bapas Sibolga, Yosef Leonard Sihombing. Ketiganya dinilai sebagai tokoh atau pejabat yang memberikan perhatian kepada KKI.

Baca Juga: Sertu Betah Coba Ubah Perilaku Anak Pecandu Gadget dengan Karate

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya