Emas Kedua Barongsai Sumut Diraih di Nomor Pekingsai Taulu Bebas

Barongsai Sumut targetkan raih 5 medali emas

Deli Serdang, IDN Times - Tim Barongsai Sumut menambah koleksi medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024  Aceh-Sumut menjadi 2 keping. Kali ini Sumut unjuk gigi dinomor Pekingsai Taulu Bebas unjuk gigi di Martial Arts Arena, Desa Sena, Deli Serdang, Kamis (5/9/2024).

Sebelumnya mereka berjaya di nomor Naga Kecepatan. Barongsai Sumut berhasil mengungguli 8 lawannya yang lain dari berbagai provinsi. Nilai yang didulang pun cukup tinggi, yakni 9.27.

1. Sumut ungguli Aceh dan Jawa Tengah dalam nomor Pekingsai Taulu Bebas

Emas Kedua Barongsai Sumut Diraih di Nomor Pekingsai Taulu BebasSumut jadi jawara di Barongsai nomor Pekingsai Taolu Bebas (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Tim Barongsai Sumut menjadi yang teratas dalam nomor pertandingan Pekingsai Taulu Bebas. Mereka mencatatkan nilai sebesar 9.27, disusul Aceh yang mendapatkan nilai sebesar 9.10, dan di posisi ketiga ada Jawa Tengah dengan perolehan nilai 9.03.

"Di PON ini saya dan tim berusaha semaksimal mungkin dan all in dalam tiap pertandingan untuk menjadi juara 1," ujar Kristanto selaku atlet Barongsai Sumut.

Mereka berhasil menang dan superior setelah sukses melakukan 10 rintangan dan berbagai gerakan yang cukup agresif. Hal itulah yang membuat mereka berhasil meraih podium teratas.

"Gerakan dan ekspresi kami lakukan dengan sangat hati hati, cepat, tepat. Keindahan pun di mata juri akan naik nilainya. Indah dan agresif. Di satu sisi kita bermain santai dan rileks, dan di satu momen agresif. Untuk perispannya di lapangan latihan agar dapat mencapai juara 1, kami sudah berlatih selama 3 tahun," kata Kristanto.

2. Pelatih merasa puas karena Sumut berhasil menang pada nomor lomba paling langka di Indonesia

Emas Kedua Barongsai Sumut Diraih di Nomor Pekingsai Taulu BebasPertandingan Barongsai Pekingsai Taolu Bebas yang dilaksanakan di Gedung Martial Arts (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Keberhasilan para atlet turut membuat pelatih merasa puas. Sebab kinerja mereka selama ini membuahkan hasil yang gemilang.

"Ini kategori barongsai Pekingsai Taulu Bebas. Sangat baru di Indonesia, ya. Dan ini menjadi pertama kalinya kita mendapat emas di PON. Apalagi ini kategori paling langka di Indonesia," ujar David selaku pelatih Barongsai Pekingsai Taulu Bebas.

Lebih lanjut David mengatakan jika selama ini mereka serius melatih para atlet. Baik dalam hal pemusatan latihan hingga pemberian makanan bergizi, semua disuplai dengan sangat baik.

"Pemusatan latihan kita lakukan selama 2 bulan. Anak-anak dikarantina supaya fokus. Vitamin dan kebutuhan lain terpenuhi dengan maksimal," lanjutnya.

3. Dua emas sudah berhasil diraih, target tim Barongsai Sumut 5 emas

Emas Kedua Barongsai Sumut Diraih di Nomor Pekingsai Taulu BebasTim Barongsai Sumut raih medali emas pada nomor Pekingsai Taolu Bebas (IDN Times/Eko Agus Herianto)

David membeberkan jika kemenangan yang pihaknya dapatkan merupakan hasil kerja keras atlet hingga federasi.

"Hasil hari ini, anak-anak luar biasa. Mereka murid sekolah, dan ini prestasi yang sewajarnya mereka dapatkan," pungkasnya.

Sementara itu manager Tim Barongsai Sumut, Endrik, mengatakan bahwa peraihan medali emas ini tak semata membuat mereka puas. Ada target yang cukup prestius dalam meraih kemenangan di nomor lomba lainnya.

"Target kita total 5 medali emas. Naga kecepatan sudah, Pekingsai Taulu Bebas juga sudah. Selanjutnya ada 3 lagi yang menjadi target kami. Sejauh ini lawan terberat kami adalah Aceh, DKI Jakarta, dan Jawa Barat berat," timpalnya.

Baca Juga: Sepak Bola Putri PON 2024: Sumut Kalah dari Jabar di Laga Perdana

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya