Tampil Baik Sebagai Debutan di IBL, Anak Medan Ini Dipuji Eks NBA

Ryan Mauliza jebolan dari Methodist 2 Hawk

Medan, IDN Times- Selain Jabari Bird dan Quintin Dove yang bermain apik di balik kemenangan Rajawali Medan atas RANS Simba Bogor 80-78, Minggu (3/3/2024) pada lanjutan IBL 2024 ini, ada nama Ryan Mauliza. Shooting guard Rajawali ini menjadi salah satu rookie alias debutan di IBL tahun ini.

Sorak sorai dari penonton untuk Ryan Mauliza saat ia melakukan aksi lumayan ramai di Gedung Serbaguna Unimed. Padahal dia pemain debutan. Ternyata pemain 22 tahun itu adalah anak Medan. Ryan jadi satu-satunya anak Medan di skuat Rajawali.

1. Statistik Ryan cukup baik dengan status rookie

Tampil Baik Sebagai Debutan di IBL, Anak Medan Ini Dipuji Eks NBAShooting guard Rajawali Medan Ryan Mauliza beraksi saat bersua RANS Simba Bogor, Minggu (3/3/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Ryan tampil sangat baik di laga tersebut. Dia tampil 29,19 menit dan mencetak 8 poin. Dia juga sukses memasukkan 1 lemparan tiga angka dari 5 percobaan. Dia juga mencatat 4 assist. Menariknya peran Ryan menonjol di pertahanan. Dia mencatat 3 steal.

Sebelumnya saat bersua Pelita Jaya, Ryan juga turun dan mencetak 5 poin dan 3 assist.

2. Ryan dipuji eks NBA dan pelatih

Tampil Baik Sebagai Debutan di IBL, Anak Medan Ini Dipuji Eks NBAPelatih Rajawali Medan Raoul Hadinoto dan Eks NBA Jabari Bird (IDN Times/Doni Hermawan)

Performa Ryan menuai pujian dari rekan setimnya Jabari Bird. Eks pemain NBA itu menilai peran Ryan sangat penting.

"Pemain benar-benar teamwork, juga Ryan, saya berharap bisa terus meningkatkan kerja sama dengannya," ucap Jabari.

Performa Ryan juga menuai pujian dari Pelatih Rajawali Medan Raoul Miguel Hadinoto. Pelatih yang akrab disapa Eboss ini mengaku tak sia-sia memberikan menit bermain yang lebih untuk Ryan.

"Saya memberi Ryan kesempatan untuk bisa bermain lebih banyak dan dia mengeksekusinya dengan baik," katanya.

3. Ryan terpilih saat masuk IBL Rookie Combine 2022

Tampil Baik Sebagai Debutan di IBL, Anak Medan Ini Dipuji Eks NBAPelatih Rajawali Medan Raoul Hadinoto dan Eks NBA Jabari Bird (IDN Times/Doni Hermawan)

Sebelumnya Ryan merupakan pemain asal Methodist 2 Hawk, klub lokal amatir asal Medan. Dia juga merupakan pemain 3x3.

Dia terpilih saat masuk draft IBL Rookie Combine 2022 round 1. Dia dipilih Evos Thunder yang akhirnya berganti nama menjadi Rajawali Medan.

Saat IBL Rookie Combine Ryan Mauliza berhasil menjadi pemain dengan tes VO2Max tertinggi yaitu 62,2 dari semua pemain. Dia juga masuk lima besar sebagai pemain dengan best free throw di IBL Rookie Combine dengan 69 persen.

Baca Juga: Jabari Bird: Penampilan Terbaik Saya di Rajawali Medan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya