Sumut Tambah 1 Emas PON 2024 lewat Barongsai

Sumut sudah mengoleksi 4 emas

Deli Serdang, IDN Times- Kontingen Sumatra Utara menambah koleksi medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Kali ini lewat cabang olahraga barongsai nomor naga kecepatan yang mentas di Gedung Martial Art, Desa Sena, Deli Serdang, Rabu (4/9/2024). Tim Sumut meraih emas setelah mencatat waktu tercepat 43 detik.

Sumut diperkuat Prajurit Kopasgat Pancawara yakni Saproni Saragih, Tengku Onie Herlandrie, Bambang Syahputra Ayub, Jekson MA. Siahaan, M. Fahmi Syuhada, Bagas Pantura Arisandi Purba, Dedi Tarigan, Joy Extrada Damanik, Andriko Julio Sembiring, Agung Pratama dan Syahriluddin serta asuhan pelatih Abdul Rohmad tampil apik pada nomor itu. Mereka unggul satu detik dari Jawa Tengah (43 detik) dan Riau (47 detik).

Total hingga Rabu (4/9/2024) malam, Sumut sudah mengoleksi 4 medali emas.

1. KONI Sumut berharap bisa jadi mengalir banyak medali emas dari Barongsai

Sumut Tambah 1 Emas PON 2024 lewat BarongsaiKetua KONI Sumut John Ismadi Lubis bersama kontingen barongsai Sumut usai meraih emas PON 2024 nomor naga kecepatan di Martial Arts Arena, Desa Sena, Rabu (4/9/2024) (dok.istimewa)

Hasil ini disambut suka cita Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Pengprov FOBI Peter Suhendra dan pengurus lainnya.

“Alhamdulillah Barongsai Sumut sudah memulai keran medali emasnya. Kita berharap prestasi serupa juga didapat dari nomor-nomor lomba lainnya,” ujar Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis saat mengalungkan medali untuk atlet.

2. Targetkan tiga medali emas

Sumut Tambah 1 Emas PON 2024 lewat BarongsaiKetua KONI Sumut John Ismadi Lubis bersama kontingen barongsai Sumut usai meraih emas PON 2024 nomor naga kecepatan di Martial Arts Arena, Desa Sena, Rabu (4/9/2024) (dok.istimewa)

Sementara Ketua Pengprov FOBI Sumut Peter Suhendra mengatakan nomor ini memang jadi target emas bagi Sumut. Dia bahkan sempat tegang dan tak berani melihat dari dekat.

“Seperti saya sampaikan sebelumnya, di nomor Naga Kecepatan ini kita memang mengincar medali emas. Tapi tadi saya tidak kuat menyaksikan lomba ini. Saya hanya coba intip dari kejauhan. Syukur kepada Yang Maha Kuasa, Sumut menjadi yang terbaik,” ujarnya.

FOBI Sumut sendiri menargetkan tiga medali emas. Atlet Sumut akan kembali beraksi Kamis besok.

“Kamis besok Barongsai kembali mempertandingkan tiga nomor lomba, dua di antaranya langsung babak final yakni Pekingsai Taolu Bebas, dan Naga Halang Rintang. Sementara Barongsai Ketangkasan memainkan Babak 6 Besar. Kita berharap di nomor Naga Halang Rintang, Sumut juga bisa meraih medali emas,” bebernya.

3. Emas Nomor Halang Rintang diraih Jawa Timur

Sumut Tambah 1 Emas PON 2024 lewat BarongsaiAksi tim barongsai pada nomor naga kecepatan di Martial Arts Arena, Desa Sena, Rabu (4/9/2024) (Website PONXXI Sumut)

Sementara di nomor Barongsai Halang Rintang yang kemarin juga mempertandingkan nomor final, medali emas diraih Jatim (28 detik), perak DKI Jakarta (29 detik) dan Aceh (44 detik).

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat Marciano berharap barongsai terus berkembang.

“Pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut, Barongsai diikuti 15 provinsi. Kita berharap ke depan bisa lebih banyak lagi yang ambil bagian. Karenanya kepada KONI KONI Provinsi diimbau agar cabor ini juga dipertandingkan di tingkat Porprov," pungkasnya.

Baca Juga: Kriket PON: Usai Raih 2 Emas, Sumut Gugur di Laga Perdana T20

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya