Sumut Cetak Sejarah Rebut Emas Perdana Squash PON 2024

Sebelumnya prestasi terbaik hanya perunggu

Medan, IDN Times- Atlet Squash Sumatra Utara mencetak sejarah. Untuk pertama kalinya Sumut meraih medali emas dari cabor ini pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut, Jumat (13/9/2024) sore.

Sebelumnya prestasi terbaik Sumut dari squash yakni medali perunggu pada PON XV tahun 2000 di Surabaya.

1. Eris Setiawan awali kemenangan Sumut

Sumut Cetak Sejarah Rebut Emas Perdana Squash PON 2024Atlet Squash Sumatera Utara (Sumut) Natalia Natasha (kiri) saat melawan Atlet Jawa Tengah (Jateng) Khoirul Ayu Astiti (kanan) pada penyisihan Squash Tunggal Putri PON XXI Aceh - Sumut di Rabu (11/09/2024). (PB PON XXI Sumut/Ariandi)

Emas diraih usai Sumut mengalahkan Aceh di babak IV beregu campuran putra di Squash Arena Dispora Sumut Jalan PBSI Kenangan Baru, Pancing Deli Serdang.

Sumut dan Aceh sama-sama mengantongi tiga kemenangan, pemenang di babak. Dalam dua game Sumut mengalahkan Aceh.

Di awal Sumut menurunkan Eris Setiawan menghadapi Nugraha Pratam. Eris langsung tancap gas unggul 11-2 di set pertama. Nugraha memberi perlawanan untuk Aceh di game kedua. Skor sempat 6-6. Eris kemudian melaju hingga menang 11-8.

Di set ketiga, Eris menutupnya dengan keunggulan 11-4. Untuk sementara Sumut unggul 1-0 atas Aceh.

2. Fadilah unggul atas Revalin

Sumut Cetak Sejarah Rebut Emas Perdana Squash PON 2024Atlet Squash Sumatera Utara (Sumut) Natalia Natasha (kiri) saat melawan Atlet Jawa Tengah (Jateng) Khoirul Ayu Astiti (kanan) pada penyisihan Squash Tunggal Putri PON XXI Aceh - Sumut di Rabu (11/09/2024). (PB PON XXI Sumut/Ariandi)

Selanjutnya pada laga kedua Fadilah Aulia Putri (Sumut) menghadapi Revalin Lusiana. Fadilah mampu unggul 11-5.

Di set kedua kemampuan Fadilah semakin prima. Ia tidak mau memberi angin kepada Revalin hingga menutup set ini 11-4.

Pada set ketiga, Revalin yang semakin terdesak justru kerap melakukan kesalahan sendiri. Akhirnya kesempatan ini dimanfaatkan Fadilah hingga menjaga dengan skor 11-5. Sumut pun menyudahi pertandingan ini 2-0 hingga laga game ketiga tidak lagi dimainkan.

Atas kemenangan ini Sumut merebut medali emas disusul Aceh dengan perak dan Jambi medali perunggu.

3. Sumut lega penuhi target emas

Sumut Cetak Sejarah Rebut Emas Perdana Squash PON 2024Tim Squash Sumut meraih medali emas PON 2024 (dok.istimewa)

Pelatih Sumut, Rusli akhirnya merasa lega karena Sumut mampu memenuhi target emas.

“Alhamdulillah sudah satu emas kita rebut dari dua target yang kita usung. Semoga dengan medali emas ini bisa menjadi motivasi untuk atlet Sumut di nomor lainnya sehingga target kita terpenuhi,” kata Rusli bangga.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Squash Indonesia (PSI) Sumut, Jimmy Sembiring mengucap syukur Sumut berhasil mencetak sejarah emas perdana PON.

“Pencapaian ini sangat luar biasa karena kami bisa mencetak sejarah emas. Semua ini terwujud berkat dukungan semua pihak terutama dukungan dari Ketua Umum KONI Sumut Bang Jhon Ismadi Lubis yang sangat mensupport Squash Sumut. Kami tentunya berharap akan tercipta emas berikutnya di ajang PON ini,” kata Jimmy bangga.

Dalam nomor beregu campuran Putra Squash ini medali emas direbut Sumut, disusul Aceh medali perak dan Jambi dengan perunggu.

Baca Juga: Menpora Sebut Venue Voli PON 2024 Terbaik, Atlet: Masih Banyak Debu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya